Kompas TV nasional politik

Awal Pekan Depan DPR Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Panglima TNI

Kompas.tv - 7 November 2023, 14:17 WIB
awal-pekan-depan-dpr-gelar-uji-kelayakan-dan-kepatutan-calon-panglima-tni
Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Meutya Hafid (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

 

JAKARTA, KOMPAS TV - Komisi I DPR RI akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI pada awal pekan depan. Namun, belum ditentukan tanggal pasti terkait pelaksanaan fit and proper test pergantian pucuk pimpinan lembaga TNI tersebut. 

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid menyebut, keputusan waktu pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan itu akan diputuskan dalam rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR yang akan digelar pada pekan ini. 

"Kalau Bamus belum. Tapi Bamus minggu ini. Jadi kalau nggak hari ini, besok, atau lusa, pokoknya minggu ini. Awal pekan depan kita langsung fit and proper," kata Meutya di gedung DPR, Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga: Pencalonan Tunggal KSAD Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI Dinilai Terburu-buru, Kenapa?

Meutya berharap proses rangkaian uji kelayakan dan kepatutan itu bisa selesai dalam satu hari. 

"Kalau pengesahan nanti itu ranah pimpinan DPR, mau dibawa ke paripurnanya kapan. Tapi kan kalau lihat prosesnya 21 hari berarti ya sebelum di tanggal 21."

"Mudah-mudahan selesai satu hari. Kalau memang selesai satu hari, kita juga akan, biasa kan, verifikasi faktual untuk melihat kediaman beliau," ujarnya.

Politikus Partai Golkar itu menjelaskan, salah satu poin yang akan ditekankan dalam uji kelayakan dan kepatutan nanti, yakni calon Panglima TNI harus bisa memastikan prajurit netral di Pemilu 2024. 

"Tinggal nanti ke depan bagaimana ini menjadi pemilu, netralitas pemilu seperti apa, profesionalisme TNI seperti apa, karena kita juga concern modernisasi alutsista, tapi juga bagaimana sumber daya prajurit kita ini lebih profesional. Kurang lebih seputar itu," katanya.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. 

Adapun Laksamana Yudo akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023 mendatang. 

"Pada kesempatan ini saya akan umumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, nama yang diusulkan Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto SE, Msi yang saat ini menjabat sebagai KSAD," kata Puan di gedung DPR, Jakarta, Selasa (31/10).


 

Berdasarkan Pasal 53 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, prajurit melaksanakan dinas keprajuritan sampai usia paling tinggi 58 tahun bagi perwira, dan 53 tahun bagi bintara serta tamtama.

Baca Juga: Imbauan Panglima TNI Yudo Margono ke Prajuritnya Jelang Pemilu 2024

Berdasarkan undang-undang yang sama, jabatan Panglima dapat dijabat secara bergantian oleh perwira tinggi aktif dari tiap-tiap angkatan yang sedang atau pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x