Kompas TV nasional rumah pemilu

Menggali Makna di Balik Slogan "Wakanda No More, Indonesia Forever" dari Anies Baswedan

Kompas.tv - 12 Januari 2024, 09:31 WIB
menggali-makna-di-balik-slogan-wakanda-no-more-indonesia-forever-dari-anies-baswedan
Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyampaikan penutupan dalam debat pertama di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12/2023) malam. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan yang diusung Partai NasDem, PKS, dan PKB mengutarakan slogan baru "Wakanda No More, Indonesia Forever".

Ucapan ini pertama kali dilontarkan dalam debat perdana capres yang berlangsung di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pada Selasa (12/12/2023) silam.

Baca Juga: Prabowo Balas Sindiran Alutsista Bekas: Dia Bilang Aku Pakai Uang Rakyat Beli Barang Bekas, Sorry Ye

Konteks Pernyataan di Debat Capres

Dalam debat tersebut, Anies Baswedan menegaskan posisi Indonesia saat ini yang berada di persimpangan jalan. Ia berbicara tentang pentingnya mempertahankan negara hukum di mana hukum berada di atas kekuasaan, bukan sebaliknya.

Sebagai mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies mengajak terutama anak muda Indonesia untuk serius memilih pemimpin yang akan membawa negara menuju masa depan yang lebih baik.

Baca Juga: Prabowo: Hei Maling, Koruptor, Kaum Munafik, dan Antek Asing, Prabowo Tak Pernah Gentar pada Kalian

"Anak-anak muda semua menyadari pemilu ini tentang masa depan, Anda pemilik masa depan, saya yakin anda memilih yang serius untuk jadi presiden, bukan main-main untuk jadi presiden," ucap Anies.

Ia menjanjikan kebebasan berpendapat yang lebih besar dan mencegah situasi di mana rakyat merasa takut untuk menyuarakan pendapatnya.

"Dan ketika kita berbicara tentang masa depan, maka saya Ingin sampaikan kepada semua, kebebasan berpendapat akan dijamin. Kita tidak mengijinkan lagi situasi di mana kita takut. Saya sampaikan, Wakanda no more, Indonesia forever," lanjutnya.

Baca Juga: Mahfud MD: Tembakau Jadi Permainan Tengkulak dan Pabrik Besar, Petani Kolaps

Interpretasi "Wakanda No More, Indonesia Forever"



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x