Kompas TV nasional politik

Jawab Isu Sri Mulyani dan Menteri Lain Mundur, Jokowi: Biasa, Kita Kerja Rutin

Kompas.tv - 20 Januari 2024, 14:02 WIB
jawab-isu-sri-mulyani-dan-menteri-lain-mundur-jokowi-biasa-kita-kerja-rutin
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah isu sejumlah menteri mundur dari Kabinet Indonesia Maju di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (20/1/2024). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membantah isu sejumlah menteri mundur dari Kabinet Indonesia Maju, termasuk Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Jokowi mengatakan bahwa para menteri hingga saat ini masih bekerja membantu dirinya. Para menteri juga masih terus menghadiri rapat bersama.

‘Menteri tiap hari kita ratas, tiap hari kita rapat terbatas, tiap hari kita rapat internal, tiap hari dengan semua atau sebagian menteri,” kata Jokowi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Baca Juga: Nusron Wahid Bela Gibran soal Diminta Mundur dari Wali Kota: Tak Ada Pekerjaan yang Terbengkalai

Kepala Negara mempertanyakan kabar tersebut dari mana. Pasalnya, belum lama ini ia menggelar rapat bersama para menteri di Istana Merdeka.

“Kabarnya dari siapa? Wong kita tiap hari dari pagi sampai sore, pagi, siang, malam, kita rapat, rapat paripurna, rapat terbatas,” ucap Jokowi.

“Nggak pernah ada jedanya, setiap jam, setiap dua jam, gonta-ganti rapat, gonta-ganti menteri, nggak ada masalah,” ujarnya.

Jokowi menilai, isu menteri mundur dari Kabinet Indonesia Maju ini berkaitan dengan tahun politik. Mengingat, tak lama lagi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan digelar.

Menurutnya, isu ini merupakan hal biasa di tahun politik. Namun demikian, Jokowi menegaskan bahwa menteri masih terus bekerja.

‘Namanya bulan politik, tahun politik. Semua hal pasti akan berkaitan dengan hal-hal yang bersifat politik. Tapi  biasa kok, kita kerja rutin, kerja rutin biasa,” ucap Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, isu Sri Mulyani mundur dari kabinet Presiden Jokowi ini diungkapkan oleh ekonom senior Faisal Basri.

Faisal mengatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tidak lagi menjadi menteri bagi Presiden Jokowi.

Baca Juga: Pengamat Politik Analisis Jawaban Sri Mulyani Soal Isu Mundur dari Kabinet Pemerintahan Jokowi

Kabar Sri Mulyani dan Basuki mundur ini telah dibantah oleh Istana. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa kedua menteri ini masih kompak membantu Jokowi.


“Seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju tetap kompak dan solid membantu Presiden untuk memimpin penyelenggaraan pemerintahan sampai akhir masa jabatannya,” kata Ari Dwipayana, Kamis (18/1/2024).




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x