Kompas TV nasional rumah pemilu

Respons Film Dirty Vote, Bawaslu: Silakan Kritik, tapi Jangan Sampai Pemungutan Suara Terganggu

Kompas.tv - 12 Februari 2024, 11:47 WIB
respons-film-dirty-vote-bawaslu-silakan-kritik-tapi-jangan-sampai-pemungutan-suara-terganggu
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja merespons video yang viral di media sosial dengan narasi ratusan ribu WNI di Malaysia tidak masuk daftar pemilih tetap luar negeri, di kantornya, Jumat (5/1/2023). (Sumber: KOMPAS TV/Bongga Wangga)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI Rahmat Bagja menanggapi film dokumenter Dirty Vote yang disutradarai Dandhy Laksono dan dirilis Minggu (11/2/2024) di YouTube.

Rahmat mempersilakan pihak yang mengkritik kinerja Bawaslu. Namun, imbuhnya, pihaknya tidak ingin proses yang sedang berjalan dianggap tidak benar.

“Tanggapannya, alhamdulillah, silakan kritik kami. Proses sedang berjalan, kami tidak ingin kemudian juga proses-proses ini dianggap tidak benar,” kata dia, Minggu, dikutip dari video Kompas TV.

“Namun, pada titik ini, Bawaslu telah melakukan tugas dan fungsinya dengan baik. Tapi tergantung masyarakat juga, perspektif masyarakat, silakan.”

Baca Juga: Reaksi Bey Machmudin untuk Film Dirty Vote: Silakan Tunjukkan Kalau Saya Tidak Netral

Bawaslu, lanjut Rahmat, tidak bisa menyetir perspektif masyarakat. Oleh sebab itu, ia mempersilakan jika ada yang mengkritisi kinerja Bawaslu.

“Teman-teman kalau mengkritisi Bawaslu silakan saja. Tidak ada masalah bagi Bawaslu sepanjang kami melakukan tugas, fungsi sesuai dengan peraturan perundang-undangan.”

“Namun, hal-hal yang kemudian bisa menimbulkan konflik dan lain-lain, lebih baik dihindarkan. Karena sekarang menjelang masa pemungutan suara,” imbaunya.

“Jangan sampai masa pemungutan suara ini terganggu gara-gara hal tersebut,” tegasnya.

“Namun hak kebebasan berekspresi, berpendapat, apa yang diungkapkan oleh teman-teman merupakan hak yang dijamin oleh konstitusional. Demikian juga hak dan juga tugas wewenang Bawaslu diatur oleh undang-undang,” bebernya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x