Kompas TV nasional politik

Moeldoko Minta Maaf Absen Pelantikan AHY jadi Menteri ATR/BPN, Kirim Ucapan Selamat Lewat Medsos

Kompas.tv - 21 Februari 2024, 22:16 WIB
moeldoko-minta-maaf-absen-pelantikan-ahy-jadi-menteri-atr-bpn-kirim-ucapan-selamat-lewat-medsos
Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko mengunggah foto saat menjadi konferensi tingkat menteri kawasan Asia-Pasifik (APRC) ke-37 dari Organisasi Pertanian dan Pangan PBB atau FAO di Kolombo, Sri Langka, Rabu (21/2/2024). (Sumber: Instagram Moeldoko @dr_moeldoko)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) Moeldoko tidak hadir dalam acara pelantikan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Selain AHY, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), di Istana Negara, Rabu (21/2/2024).

Tidak hadirnya Moeldoko bukan soal masalah dualisme kepemimpinan Partai Demokrat. Tapi Moeldoko yang pernah menjadi Ketua Umum Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang itu sedang tugas di luar negeri. 

Melalui akun Instagram, Moeldoko menghadiri konferensi tingkat menteri kawasan Asia-Pasifik (APRC) ke-37 dari Organisasi Pertanian dan Pangan PBB atau FAO di Kolombo, Sri Langka. Forum ini dibuka pada Senin (19/2) hingga Kamis (22/2) besok. 

"Yang cari saya hari ini, tenang-tenang. Saya ada di sini. Saya sedang menjadi pembicara konferensi FAO Asia Pasifik yang dihadiri oleh 34 delegasi negara," ujar Moeldoko lewat akun Instagram @dr_moeldoko, Rabu (21/2).

Baca Juga: MA Tolak PK Moeldoko, AHY: Hari Ini Keraguan Partai Demokrat Siap Berlayar Sirna

Di akun media sosial tersebut Moeldoko juga mengunggah foto dirinya sedang berpidato dalam konferensi FAO Asia Pasifik.

Ada tiga prioritas transformasi pertanian dan pangan untuk menghadapi krisis pangan di Asia Pasifik yang dijabarkan Moeldoko di forum tersebut. 

Pertama, transformasi cara bertani dengan menekankan pentingnya mendorong pertanian yang lebih efisien dengan teknologi dan berkelanjutan. Kerjasama kawasan dalam pengembangan teknologi pertanian perlu diperkuat.

Kedua, transformasi produk pangan. Kawasan Asia Pasifik, yang kaya sumber daya hayati, harus membangun ketahanan pangan dengan diversifikasi pangan.

Ketiga, transformasi aktor atau petani dengan menyoroti masalah regenerasi petani di kawasan dan dunia. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x