Kompas TV nasional peristiwa

Kemdikbud Buka 40.541 Formasi ASN dan PPPK Tahun Ini

Kompas.tv - 8 April 2024, 15:27 WIB
kemdikbud-buka-40-541-formasi-asn-dan-pppk-tahun-ini
Hasil seleksi PPPK Guru, Tenaga Kesehatan dan Teknis 2023 diumumkan mulai hari ini, Rabu (6/12/2023) (Sumber: kominfo.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mengalokasikan 40.541 formasi untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2024.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 15.462 posisi dialokasikan untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan 25.079 orang untuk posisi PPPK.

Baca Juga: Beasiswa D3 Unhan 2024, Biaya Pendidikan Gratis, Lulus Langsung Berpeluang Jadi Perwira TNI

Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas menegaskan bahwa alokasi formasi ini menjadi bagian dari upaya penuntasan tenaga non-ASN atau honorer di seluruh unit kerja Kemendikbudristek, selain tentunya formasi dalam skema luas di dunia pendidikan yang juga tersebar di pemerintah daerah.

Ia menjelaskan bahwa arah kebijakan pengadaan CASN tahun 2024 berfokus pada pelayanan dasar, yaitu guru dan tenaga kesehatan.

Baca Juga: Cara Cek Formasi CPNS dan PPPK 2024, Pendaftaran Rekrutmen Dibuka Kapan?

"Sudah kami diskusikan detail dengan Pak Nadiem Makarim, termasuk kami memberi saran soal beberapa teknis seleksi agar bisa menyerap jumlah formasi dosen secara optimal," kata Azwar dikutip dari situs KemenPAN-RB, Selasa (3/4/2024).

Anas menyatakan bahwa KemenPAN-RB telah mendiskusikan rincian formasi dosen dengan Menteri Nadiem Makarim, termasuk memberikan saran tentang teknis seleksi agar dapat menyerap jumlah formasi dosen secara optimal.

Baca Juga: Kementerian Kesehatan Buka Lowongan 23.200 Formasi di Seleksi CPNS-PPPK 2024, Ini Rinciannya

Selain itu, arah kebijakan berikutnya adalah merekrut talenta-talenta baru melalui seleksi CPNS dan mengurangi sedapat mungkin rekrutmen jabatan yang akan terdampak oleh transformasi digital.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim menyoroti krisis jumlah dosen yang sedang dihadapi Indonesia.

Baca Juga: Dapat Apa Saja dan Kapan Pencairan THR hingga Tunjangan PPPK 2024?

Dalam 10 tahun terakhir, penambahan alokasi formasi ASN dosen sangat terbatas, sementara gelombang pensiun tenaga pendidikan sangat besar dan kebutuhan terus bertambah seiring peningkatan jumlah mahasiswa.

"Kebutuhan memang sudah cukup darurat ya kebutuhan kami untuk formasi dosen," kata Nadiem.

Nadiem menegaskan bahwa kebutuhan formasi dosen sudah cukup darurat dan pemenuhan formasi ASN dosen akan sangat membantu meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia serta kualitas kinerja Kemendikbudristek. 

Baca Juga: Seleksi CPNS-PPPK 2024, Pemkot Bandung Buka Lowongan 838 Formasi ASN



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x