Kompas TV nasional peristiwa

Menhub: Tamu VIP HUT RI di IKN Harus Gunakan Mobil Listrik

Kompas.tv - 16 Juni 2024, 15:08 WIB
menhub-tamu-vip-hut-ri-di-ikn-harus-gunakan-mobil-listrik
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dan pelabuhan Gilimanuk, Bali, Sabtu (16/12/2023). (Sumber: istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sebut tamu-tamu VIP untuk HUT Kemerdekaan RI harus menggunakan kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di Ibu Kota Nusantara.

Hal tersebut disampaikan oleh Budi Karya Sumadi di Tuntang, Semarang, Jawa Tengah sebagaimaan dikutip dari Antara, Minggu (16/6/2024).

“Untuk tamu-tamu VIP dalam perayaan HUT Kemerdekaan RI di IKN kita haruskan menggunakan mobil listrik atau electric vehicle (EV),” kata Budi Karya.

Menhub Budi Karya mengaku akan melakukan simulasi terlebih dulu soal penggunaan mobil Listrik untuk para duta besar negara-negara sahabat.

Baca Juga: Ronny Talapessy soal KPK Sita HP Hasto untuk Tangkap Harun Masiku: Alasan itu Mengada-ada

“Kita nanti akan lakukan simulasi apakah setiap duta besar negara-negara sahabat diberikan satu mobil listrik atau apakah menggunakan bus listrik ini merupakan domain dari Kementerian Sekretariat Negara (Setneg),” ucap Menhub.

“Saya belum tahu karena hal tersebut merupakan domain dari Setneg untuk melakukannya,” imbuhnya.

Selain itu, kata Menhub, di IKN juga menyediakan bus-bus listrik yang memiliki rute mengelilingi tempat-tempat yang strategis.

“Yang pasti angkutan darat di IKN ini terbagi menjadi beberapa fungsi. Pertama adalah fungsi dari luar terutama dari Balikpapan ke IKN, kita memiliki fasilitas ride and park dan dari situ kita keliling dengan menggunakan bus atau mobil yang disediakan atau dimiliki oleh para operator swasta untuk menuju tempat-tempat akhir,” jelas Menhub.

“Tetapi juga untuk operator swasta ada Blue Bird, Gojek dan lainnya di mana mereka akan mengisi ruang-ruang komersil yang digunakan secara individu,” ungkapnya.

Menhub lebih lanjut menambahkan, perihal layanan bus listrik, Kemenhub telah melaksanakan kajian perencanaan teknis angkutan umum di KIPP tahap 1 dengan mengusulkan 3 rute trayek.

Baca Juga: Menkominfo Sebut Dampak Buruk Judi Online dan Pinjol Berkaitan Erat: Dua-duanya Harus Disikat

Ketiga trayek tersebut yakni rute Park & Ride sampai Masjid Raya dengan total kebutuhan 13 bus medium; rute Park & ride sampai Botanical Garden total kebutuhan armada 7 bus medium; dan rute Park & ride 1 sampai Park & ride 2 dengan total kebutuhan 21 armada.

Sementara itu, Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) juga berencana bekerja sama dengan Bluebird untuk melayani rute di dalam IKN atau KIPP tahap 1, dalam hal ini terkait pengadaan bus listrik dan rencana operasionalnya.

Kemudian, untuk 2025 telah diusulkan anggaran Buy the Service (BTS) untuk melayani rute IKN.

Terkait rencana rute akan menyesuaikan dengan persil tanah yang sudah terbangun.

Sedangkan jumlah kebutuhan armadanya masih menunggu kajian dan review dari tim OIKN.

Kemenhub akan memberikan dukungan terkait transportasi dalam rangka peringatan HUT RI ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x