Kompas TV olahraga kompas sport

Italia Sejak Juara Piala Dunia 2006: 2 Kali Gugur di Fase Grup, 2 Kali Gagal Lolos

Kompas.tv - 25 Maret 2022, 19:42 WIB
italia-sejak-juara-piala-dunia-2006-2-kali-gugur-di-fase-grup-2-kali-gagal-lolos
Pemain Makedonia Utara merayakan kemenangan, sementara Italia terpekur dengan kekalahannya. Dalam pertandingan yang berlangsung di Palermo, Italia, Jumat (25/3/2022) dini hari, Makedonia memenangkan pertandingan 1-0 dan membuat Italia harus mengubur harapan untuk berlaga di Piala Dunia 2022. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Italia kembali gagal melaju ke putaran final Piala Dunia. Kali ini pada Piala Dunia 2022 Qatar usai kalah dari Makedonia Utara di pertandingan babak play-off, Jumat (25/3/2022). 

Bertanding di hadapan pendukungnya sendiri di Stadion Renzo Barbera, Palermo, skuad asuhan Roberto Mancini itu takluk dengan skor 0-1.

Gol tunggal Makedonia Utara yang lahir dari kaki Aleksandar Trajkovski, cukup untuk membawa negara pecahan Yugoslavia itu ke final play-off Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa menantang Portugal. 

Kegagalan Azzurri ke Piala Dunia tahun ini memang cukup disayangkan. 

Berstatus juara Eropa, Jorginho dan kawan-kawan justru kalah bersaing dari Swiss selama fase grup Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Mereka hanya mampu menduduki posisi runner-up dan akhirnya harus tersingkir di babak play-off

Kegagalan ini juga mengulangi kegagalan serupa empat tahun silam saat mereka juga tak mampu tampil di Piala Dunia 2018 Rusia. 

Bahkan jika dirunut lebih jauh, sejak menjadi juara dunia pada tahun 2006, Italia selalu mengalami hasil buruk di ajang Piala Dunia. 

Baca Juga: Kalah dari Macedonia Utara, Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2022

Padahal saat menjadi juara Piala Dunia 2006 Jerman dulu, kondisi persepakbolaan di Italia sedang disorot akibat skandal Calciopoli

Akan tetapi, Italia yang dilatih Marcelo Lippi saat itu mampu tampil heroik dengan mencapai final untuk mengalahkan Prancis melalui drama adu penalti. 

Sejak saat itulah, Italia selalu mendapat nasib apes dan layaknya mendapat kutukan jika tampil di Piala Dunia. 

Piala Dunia 2010 Afrika Selatan

Datang ke benua Afrika sebagai juara bertahan, Italia hancur lebur di penyisihan grup. 

Bergabung di grup F bersama Paraguay, Slowakia dan Selandia Baru, Italia justru berakhir sebagai juru kunci. 

Marcelo Lippi gagal mengulang daya magisnya ketika empat tahun sebelumnya mampu membawa Italia menjadi juara dunia di Jerman. 

Membuka penyisihan grup dengan hasil imbang 1-1, Italia kembali tak meraih poin penuh saat bermain 1-1 melawan wakil Oseania, Selandia Baru. 

Baca Juga: Italia Gagal ke Piala Dunia 2022, Jorginho: Ini akan Menghantui Saya Seumur Hidup!

Di pertandingan terakhir, Italia pun diwajibkan menang atas Slowakia jika ingin lolos. 

Namun Gianluigi Buffon dan kawan-kawan justru kalah 2-3 dari Slowakia yang membuat mereka harus pulang lebih cepat dari Afrika Selatan. 

Paraguay dan Slowakia pun lantas berhasil dari grup F dengan menyisihkan Selandia Baru dan Italia. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x