Kompas TV olahraga sepak bola

Cari Pelatih Baru, Belgia Buka Lowongan Terbuka, Ini Syaratnya

Kompas.tv - 14 Desember 2022, 23:05 WIB
cari-pelatih-baru-belgia-buka-lowongan-terbuka-ini-syaratnya
Pelatih kepala Belgia Roberto Martinez menyapa para penggemar di akhir pertandingan sepak bola grup F Piala Dunia antara Kroasia dan Belgia di Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Kamis, 1 Desember 2022. (Sumber: AP Photo/Francisco Seco)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

BRUSSELS, KOMPAS.TV - Asosiasi Sepak Bola Belgia (RBFA) membuka lowongan terbuka bagi siapa saja yang tertarik untuk menjadi pelatih Timnas Belgia. 

Dilansir dari laman resmi RBFA, Rabu (14/12/2022), mereka berniat mencari baru demi ambisi membawa tim nasional terus maju. 

Meski tersingkir di fase penyisihan grup Piala Dunia 2022, Belgia yakin bahwa mereka bisa kembali bersaing bersama pelatih baru nantinya. 

Dalam pengumuman tersebut, RBFA juga menyertakan sejumlah syarat bagi para pelatih yang tertarik untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Roberto Martinez itu. 

"RBFA sedang mencari pelatih tim nasional penuh waktu yang tahu cara menang. Pelatih tim nasional yang baru harus sangat ambisius dan memiliki pengalaman internasional yang diperlukan di level atas, pengetahuan dan wawasan taktis sepak bola serta keterampilan pribadi yang tepat," tulis pengumuman tersebut.

"Dia haruslah seorang pemenang dengan pengalaman dalam mengelola pemain top. Dia tahu bagaimana fokus untuk menciptakan grup yang erat dan bagaimana mengintegrasikan pemain muda."

"Asosiasi sepak bola mencari ahli taktik yang mendukung pilihannya dengan data, teknologi, dan parameter objektif serta mengacu pada keahlian dan struktur olahraga RBFA."

Baca Juga: Belgia Tersingkir dari Piala Dunia 2022, Lukaku Ngamuk, Martinez Mundur dari Kursi Pelatih

Lowongan pelatih kepala Timnas Belgia dan Direktur Olahraga Sepak Bola Elit. (Sumber: Royal Belgian Football Association)

Tak hanya pelatih Timnas Belgia, RBFA juga membuka lowongan untuk posisi Direktur Olahraga Sepak Bola Elit, yang akan mengawal visi sepak bola untuk berbagai tim nasional dan mengelola pelatih tim nasional. 

Direktur Olahraga Sepak Bola Elit itu nantinya akan bertugas bersama Direktur Operasional Sepak Bola untuk memajukan sepak bola Belgia. 

Berikut syarat untuk menjadi Direktur Olahraga Sepak Bola Elit di RBFA:

  • memiliki profil sepakbola dengan pengalaman internasional di level tertinggi.
  • memegang Lisensi Pro atau memenuhi persyaratan untuk mendapatkannya dalam jangka pendek.
  • memantau penerapan visi sepak bola di berbagai tim nasional.
  • menjadi papan suara sepak bola untuk pelatih tim nasional kami, termasuk tim A.
  • memantau tim junior nasional kita dan memberikan umpan balik kepada para pelatih.
  • memimpin pelatihan pelatih kami.
  • memastikan tindak lanjut jangka panjang dari potensi tinggi dalam sepak bola Belgia.

Bagi yang tertarik mendaftar bisa mengirimkan lamarannya sebelum tanggal 10 Januari 2023 melalui website RBFA. Nantinya, lamaran yang masuk bakal diseleksi oleh tim Gugus Tugas. 

Langkah Belgia yang secara terbuka mengumumkan mencari pelatih kepala untuk tim nasional ini terbilang unik. 

Biasanya, sebuah timnas atau klub akan mencari kandidat mereka masing-masing sebelum menghubungi agen dari pelatih untuk melakukan wawancara. 

Tapi RBFA sekarang lebih memilih membuka secara terbuka dan akan menyeleksi nama-nama pelatih yang masuk. 

Dengan pemilihan pelatih secara terbuka ini, mampukah Timnas Belgia bangkit di tahun depan? Kita tunggu saja.

Baca Juga: Lewat Sosial Media Pribadinya, Eden Hazard Nyatakan Pensiun dari Timnas Belgia!



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x