Kompas TV regional berita daerah

Kelenteng sepi jelang Imlek, jumlah umat dibatasi

Kompas.tv - 11 Februari 2021, 13:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

TEMANGGUNG, KOMPAS.TV - Untuk mencegah terjadinya kerumunan, seluruh kegiatan Imlek di Temanggung, Jawa Tengah ditiadakan. Namun Umat masih diperbolehkan untuk beribadah di Kelenteng dengan jumlah yang terbatas. 

Seperti di Kelenteng Cahaya Sakti atau Kelenteng Kong Ling Bio di Temanggung, Jawa Tengah, tempat ibadah ini terlihat sepi. Padahal menjelang tahun baru Imlek pada tahun-tahun sebelumnya, umat melakukan aktivitas seperti membersihkan kelenteng. Namun kegiatan membersihkan kelenteng tahun ini ditiadakan untuk menghindari kerumunan. Meski tidak menggelar perayaan Imlek, namun pihak pengelola tempat ibadah mengizinkan warga untuk berdoa di kelenteng dengan jumlah yang dibatasi. 

Kendati tidak menggelar perayaan Imlek, puluhan lilin berukuran besar sudah dipajang rapi di teras kelenteng untuk dinyalakan pada saat tahun baru Imlek, karena lilin tersebut kiriman dari umat dan merupakan permohonan doa untuk ketenteraman keluarga, untuk menyelesaikan masalah dan untuk kebahagiaan. Tahun baru Imlek di masa pandemi Covid-19 mengajarkan umat Konghucu untuk bertahan dan melawan Covid-19.

 

#Kelenteng #Imlek #Covid19
 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x