Kompas TV regional berita daerah

Petani di Kota Batu Geluti Budidaya Sansevieria, Berpotensi Raup Omzet Jutaan Rupiah

Kompas.tv - 31 Oktober 2021, 15:10 WIB
Penulis : KompasTV Malang

BATU, KOMPAS.TV-Saat ini hobi merawat tanaman hias nampaknya belum akan surut. Beragam jenis tanaman hias laris manis di pasaran.

Peluang inilah yang dilihat oleh seorang petani tanaman hias di Kota Batu, Suprapto, yang sudah tiga tahun terakhir membudidayakan sansevieria.

Sansevieria sendiri biasa dikenal dengan lidah mertua. Salah satu jenis tanaman hias yang memiliki banyak penggemar.

Selain karena keindahan bentuknya yang lucu dan imut, tanaman hias ini juga memiliki manfaat lain. Yakni mampu menyerap polutan di sekitarnya.

Supraptop mengatakan, sansevieria memiliki pasar sendiri. Sehingga tanaman hias ini cukup stabil di pasaran. Berbeda dengan tanaman hias lain yang permintaannya cenderung naik turun mengikuti tren.

Selain itu, Ia menambahkan perawatan tanaman hias ini juga tergolong mudah.

“Pertama sansevieria ada nilai lebih dibanding tanaman yang lain, karena sansevieria menyerap polutan. Jadi bisa untuk menyerap polusi udara. Selain keindahannya juga ada manfaat yang lain dan bertaninya lebih mudah atau minim perawatan” terangnya.

Omzet budidaya tanaman hias ini juga cukup menjanjikan. Dalam sekali panen, tanaman hias ini bisa bernilai jutaan rupiah.

Selain pasar dalam negeri, sansevieria dari Kota Batu juga sudah merambah pasar manca negara.

Petani berharap ada perhatian lebih dari Pemda, agar petani tanaman hias bisa melakukan ekspor secara mandiri, karena selama ini dalam melakukan ekspor petani masih menggantungkan pada daerah lain.

#tanamanhias # sansevieria



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x