Kompas TV regional peristiwa

Usai Kericuhan di Wadas, Gubernur Ganjar Siapkan Evaluasi Serius dengan Komnas HAM

Kompas.tv - 12 Februari 2022, 04:35 WIB
usai-kericuhan-di-wadas-gubernur-ganjar-siapkan-evaluasi-serius-dengan-komnas-ham
Jumpa pers usai melakukan rapat dengan Komisi III DPR, Komnas HAM, tokoh Nahdlatul Ulama (NU) K.H. Imam Aziz dan Kapolda Jawa Tengah di Semarang, Jumat (11/2/2022) terkait polemik Wadas. (Sumber: Kompas.tv)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dalam upaya penyelesaian polemik di Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan melakukan evaluasi sekaligus tindak lanjut terkait masalah tersebut.

“Secepatnya kita akan melakukan evaluasi sekaligus tindak lanjut, termasuk masukan dari Komnas HAM,” ujarnya dalam jumpa pers usai melakukan rapat dengan Komisi III DPR, Komnas HAM, tokoh Nahdlatul Ulama (NU) K.H. Imam Aziz, dan Kapolda Jawa Tengah di Semarang, Jumat (11/2/2022).

Dalam hal ini Ganjar menjelaskan, yang pertama akan mengevaluasi sisi teknis yaitu, meliputi isu pertambangan, isu lingkungan dan sebagainya yang terkait dengan fungsi juga tugas Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWS-SO) sebagai institusi yang mengerjakan serta Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang mendata.

Kedua, menyangkut cara-cara yang nanti tidak boleh ada kekerasan.

“Ketiga, soal bagaimna nanti kita menyiapkan kondisi masyarakat bisa kembali rukun dan guyub. Saya mendapat informasi menyedihkan, bullying pada anak-anak terjadi loh, yang pro dan kontra,” ungkapnya.

Nantinya, KPAI, Dinas Perlindungan Anak dan Perempuan juga akan terlibat. Dengan demikian, tiga agenda tersebut, menurut Ganjar, akan dibereskan.

“Ya, kita tinggal nyiapin nanti, mencari waktu yang bagus. Makanya, kami melaksanakan rapat dengan pihak terkait,” terangnya.

Baca Juga: Ini Alasan Usman Hamid Sebut Presiden Bertanggung Jawab Tindakan Represif di Desa Wadas

Sementara itu, Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara menyampaikan, Komnas HAM meminta Pemerintah dan aparat keamanan untuk lebih mengutamakan pendekatan secara humanis dan persuasif dalam upaya penyelesaian polemik di Desa Wadas.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x