Kompas TV regional berita daerah

Dinkes Siapkan Dana Rp 50 Juta Di Kelurahan Untuk TBC

Kompas.tv - 21 November 2022, 17:07 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Pemerintah kota Makassar terus bergerak mencegah dan mengobati tb tahun 2023 eliminasi TB akan masuk program kerja kelurahan dinas kesehatan telah menyiapkan anggaran sebesar 50 juta rupiah untuk masing-masing kelurahan.

Dana ini akan kembali dicairkan pada 2023 mendatang, dana tersebut bersumber dari bantuan pemerintah pusat melalui kementerian keuangan untuk tahun 2023  wakil ketua fms dan kadis kesehatan nursaidah sirajuddin  menjelaskan pagu yang dipersiapkan sebesar 50 juta rupiah di masing-masing kelurahan.

Dana ini di peruntukan untuk program sosialisasi  edukasi dan pendampingan pasien tb yang sementara berobat.

Pemerintah kota perlu menyiapkan dana di tiap kelurahan  tujuannya agar kelurahan berpartisipasi dalam program eliminasi tb ketersediaan sarana dan prasana di puskesmas se kota makassarjuga membsntu percepatan penanggulangan tbc menuju eliminasi tbc.

Sepanjang tahun 2022 ini forum multi sektor eliminasi TB mencatat ada 21877 suspek yang di temukan hingga bulan september 2022 sebanyak 4429 kasus tb yang terdeteksi oleh forum eliminasi tb dengan persentase tertinggi di kecamatan tamalate yakni 14 persen kasus.

Tahun ini makassar baru saja mengukir prestasi usai meraih penghargaan tosstemukan obati sampai sembuh tbc ini diberikan kementerian kesehatan ri atas kemampuan pelibatan aktif multisektoral  dalam upaya percepatan penanggulanan tbc di kota makassar  fms eliminasi tb terbilang aktif bersama dinas kesehatan terus melakukan sosialisasi  kepada masyarakat agar melakukan deteksi dini melalui screening TBC di layanan kesehatan.


#banutanpusat
#penderitaTBC
#bantuandana




Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x