Kompas TV regional jabodetabek

H-1 Lebaran, PT KAI Siapkan Pengaturan Khusus di Pasar Senen dan Gambir untuk Arus Balik Mudik 2023

Kompas.tv - 21 April 2023, 17:10 WIB
h-1-lebaran-pt-kai-siapkan-pengaturan-khusus-di-pasar-senen-dan-gambir-untuk-arus-balik-mudik-2023
Para pemudik menunggu keberangkatan kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (15/04/2023). (Sumber: ANTARA/Rizka Khaerunnisa)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Kereta Api Indonesia (KAI) fokus merancang pengaturan khusus untuk area parkir di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir, Jakarta guna menghadapi lonjakan kedatangan penumpang saat arus balik mudik 2023.

Kepala Hubungan Masyarakat (Kahumas) PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, pengaturan khusus di area parkir itu diperlukan lantaran stasiun akan menghadapi lonjakan jumlah penumpang yang datang. Pun, lonjakan penjemput kedatangan para penumpang.   

Agar tak terjadi kemacetan di area kedatangan, maka diperlukan pengaturan khusus yang saat ini tengah dirancang agar lebih kondusif.

“Untuk persiapan sendiri, sebenarnya kalau arus balik, sifatnya kita hanya menerima dan menyiapkan flow penumpang agar tidak terjadi kepadatan, terutama khusus untuk area parkir,” kata Eva Chairunisa di Jakarta, Jumat (21/4/2023), dikutip dari Antara.

Selain itu, KAI juga akan menambah petugas yang akan membantu dan mengatur penumpang saat lonjakan arus balik.

Baca Juga: Berjualan Kulit Ketupat Untuk Penuhi Kebutuhan Sekolah

KAI telah memprediksi bahwa puncak arus balik akan terjadi mulai 25 April hingga 1 Mei 2023.

Eva mengungkapkan, penjualan tiket untuk tanggal 25 April hingga 3 Mei 2023 meningkat dua kali lipat dari masa normal. KAI mencatat perkiraan akan menerima 42 ribu penumpang pada momen puncak arus balik yang akan datang.

“Berdasarkan data, pengguna jasa yang akan tiba di area Daop 1 Jakarta saat arus balik akan mulai mengalami peningkatan dari 25 April hingga 1 Mei 2023,” kata Eva.

Agar arus balik angkutan mudik berjalan dengan lancar, Eva berpesan kepada para pengguna jasa KA yang akan tiba mendatang, agar lebih teliti dan berhati-hati dengan barang bawaan masing-masing. Pasalnya, telah terjadi banyak kasus kehilangan barang bawaan yang diakibatkan kelalaian sendiri.

“Untuk para pengguna jasa kami ingatkan ya, nanti yang akan tiba di area Daop 1 Jakarta agar periksa kembali barang bawaannya sebelum turun. Tidak perlu terburu-buru, karena kereta yang tiba nanti tidak akan langsung berangkat, akan stay cukup lama. Karena biasanya pada musim arus balik, yang cukup banyak ditemukan barang tertinggal itu justru barang-barang berharga di atas KA, misalnya handphone, dompet dan benda benda lainnya,” imbau Eva.

Baca Juga: Jelang Hari Raya Idulfitri 2023, Warga Ramai Berburu Kulit Ketupat di Pasar Kebayoran Lama


 

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x