Kompas TV regional berita daerah

Masjid Agung Madaniyah Karanganyar: Al-Qur an Raksasa dan Menara Pandang 70 Meter

Kompas.tv - 27 April 2023, 16:02 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Masjid Agung Madaniyah Karanganyar adalah salah satu masjid terbesar bergaya Timur Tengah di Jawa Tengah. Masjid ini diberi nama Madaniyah karena desain arsitekturnya mereplika Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi.

 

Ada yang unik ketika memasuki dalam masjid, yaitu sebuah Al-Qur'an raksasa berukuran 1x1,5 meter persegi. Al-Qur'an tulisan tangan ini menggunakan tinta oleh pakar dari Pesantren Mahasiswa Safinatun Naja, Universitas Sains Al-Quran (UNSIG) di Wonosobo.

 

Untuk pengerjaan Al-Qur'an raksasa ini diselesaikan selama 1 tahun dan memiliki berat 200 kilogram. Dibutuhkan 6 pria dewasa untuk dapat mengangkat mushaf Al-Qur'an ini. Selain itu, untuk membuka halaman demi halaman agar tidak sobek minimal dibutuhkan 2 orang.

 

Mushaf Al-Qur'an berukuran raksasa itu diletakkan di atas meja kayu di saf bagian tengah masjid. Menurut H. Sularno, pengurus masjid, sejak berada di Masjid Agung Madaniyah, mushaf Al-Qur'an raksasa ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

 

Selain Al-Qur'an raksasa, di masjid ini juga terdapat menara pandang setinggi 70 meter yang bisa melihat kota Karanganyar dari atas menara pandang.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x