Kompas TV regional sumatra

Panen Raya Hasil Gabah Petani Meningkat

Kompas.tv - 4 Mei 2023, 14:44 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

ACEH UTARA, KOMPAS.TV - Kelompok tani di desa Dayah Meunara Kecamatan Kuta Makmur Aceh Utara, tampak bahagia menyambut panen raya padi di lahan seluas 20 hektar hasil pengembangan program D’kompuser pada Senin siang.

D’kompuser merupakan program pendampingan petani dalam penggunaan bahan organik tanah, melalui pengembalian jerami hasil pengomposan di dalam area persawahan atau insitu, untuk peningkatan hasil panen petani.

Setelah penerapan program D’kompuser hasil panen petani mencapai 9,4 ton perhektar atau meningkat hingga 1 ton lebih dari biasanya.

Di desa ini ada sekitar 85 hektare lebh lahan persawah warga, dua puluh hektare diantaranya telah menerapkan program D’kompuser.

Program D’kompuser ini berfungsi untuk mengembalikan struktur hara tanah, sehingga untuk penanaman kembali, hasilnya dapat maksimal serta di iringi dengan sistem pemupukan yang berimbang.

Sejauh ini program D’kompuser sudah diterapkan di dua lokasi, yakni di Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara dan Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x