Kompas TV regional bali nusa tenggara

Arung Jeram Jadi Cabor Baru Andalan Kabupaten Klungkung

Kompas.tv - 14 Mei 2023, 08:36 WIB
arung-jeram-jadi-cabor-baru-andalan-kabupaten-klungkung
Arung Jeram Jadi Cabor Baru Andalan Kabupaten Klungkung di wisata andalan Melangit Adventure, Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan. (Sumber: Kompas TV Dewata)
Penulis : KompasTV Dewata

KLUNGKUNG, KOMPASTV - Arung jeram sejatinya sudah lama menggeliat di Kabupaten Klungkung. Derasnya arus sungai Tukad Melangit, sudah lama dimanfaatkan untuk olahraga yang memacu adrenalin ini. Bahkan, juga jadi tempat wisata andalan Melangit Adventure, Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan. Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Klungkung baru terbentuk yang akan mewarnai dunia olahraga di Kabupaten Klungkung. Hal ini terlihat saat Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Ketua Koni Klungkung, I Wayan Subamia menyerahkan Bantuan Sarana dan Dana Event untuk Cabor Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Klungkung. Acara ini berlangsung di Melangit Adventure, Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan, Sabtu (13/5).

Atlet-atlet arung jeram sendiri sudah memanfaatkan derasnya aliran Sungai Tukad Melangit untuk berlatih dan fokus mempersiapkan diri untuk ajang Kejuaran Daerah (Kejurda) Bali pada tanggal 20-21 Mei 2023 di Tukad Ayung, Desa Bongkasa, Badung. Ketua Koni Klungkung, I Wayan Subamia menjelaskan, Adapun bantuan sarana yang diserahkan yakni, 2 (dua) buah boat Rafting kapasitas 4 orang, 6 (enam) buah boat Tubing double panjang 2 meter, 2 (dua) buah boat Kayaking double , 12 (duabelas) Paddle, 12 (duabelas) helm dan 15 (lima belas) life Jacket. “Karena FAJI ini baru, kami adakan rekrutmen atlet. Kami bekerja sama dengan SMA-SMA. Di sana ditemukan beberapa atlet, kami latih. Tentu ada spesifikasi atau persyaratan dalam menjadi atlet FAJI,” jelas Subamia.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Ketua Koni Klungkung, I Wayan Subamia menyerahkan Bantuan Sarana dan Dana Event untuk Cabor Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Klungkung (Sumber: Kompas TV Dewata)

Bupati Suwirta dalam arahanya berharap Arung Jeram ini tidak hanya menjadi olahraga prestasi melainkan sebagai Sport Tourism untuk menarik wisata yang ingin menikmati derasnya suangi Melangit ini. "Kami mengucapkan apresiasi dan dukungan kepada tim Faji Klungkung yang akan mengikuti Kejurda, semoga nantinya berhasil meraih prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama Kabupaten Klungkung," harap Bupati Suwirta.

Lebih lanjut Bupati Suwirta berharap kedepannya akan dirancang event Arung Jeram di Kabupaten Klungkung karena melihat banyak sungai yang menjadi tempat dilaksanakanya event olahraga ini. Sementara, Ketua FAJI Klungkung, I Dewa Rai Sayang mengatakan FAJI (Federasi Arung Jeram Indonesia) Kabupaten Klungkung baru terbentuk 10 April 2023. Namun dengan semangat yang tinggi, FAJI Klungkung akan mengikuti Kejuaran Daerah Bali pada 20-21 Mei 2023 di Tukad Ayung, Desa Bongkasa. “FAJI Klungkung merupakan cabang olahraga yang baru terbentuk di Kabupaten Klungkung, namun begitu kami berkomitmen memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Klungkung melalui arung jeram,” Ujar I Dewa Rai Sayang Lebih lanjut dijelaskan, dalam kejurda ini diturunkan 8 atlit putra terbaik klungkung." Kami berharap bisa bejuang yang terbaik, upaya dan usaha bahwa klungkung bisa menunjukan yang terbaik di cabang olahraga arum jeram," harapnya. (Krista).

 

 

 

 

 

 

 

 

#klungkung #bupati #faji #arungjeram #sport #olahraga #atlet



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x