Kompas TV regional papua maluku

Komandan Lanud Silas Papare Akui Terima Laporan SAM Air Hilang Kontak, Pencarian Terus Dilakukan

Kompas.tv - 23 Juni 2023, 15:45 WIB
komandan-lanud-silas-papare-akui-terima-laporan-sam-air-hilang-kontak-pencarian-terus-dilakukan
Rute penerbangan pesawat milik SAM Air yang hilang kontak saat terbang dari Bandara Elelim, Yalimo menuju Bandara Poik, Ilaga, Jumat (23/6/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

PAPUA, KOMPAS.TV - Pencarian Tim SAR terhadap pesawat hilang kontak dari maskapai penerbangan Semuwa Aviasi Mandiri (SAM) Air, yakni dengan nomor penerbangan PK-SMW, terus dilakukan hingga kini, Jumat (23/6/2023) sore.

Komandan Lanud Silas Papare, Sentani, Jayapura, Marsma TNI M Dadan Gunawan mengakui adanya laporan tentang hilang kontaknya pesawat milik Semuwa Air dengan kode penerbangan PK-SMW.

"Memang benar ada laporan pesawat PK-SMW jenis Grand Caravan C208B hilang kontak dalam penerbangan dari Elelim menuju Poik, Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan," kata Dan Lanud Silas Papare Marsma TNI M Dadan Gunawan.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, posisi pesawat PK-SMW melalui pelacakan satelit terakhir kali terlihat berada di koordinat 03 52 43,67S 139 27 16.07E dengan ketinggian 6956FT.

"Saat ini upaya pencarian informasi terkait keberadaan pesawat PKSMW masih dilakukan," kata Dadan Gunawan dikutip dari Antara.

Baca Juga: Pesawat SAM Air Hilang Kontak di Papua, Dua Tim Dikerahkan untuk Pencarian


Sebelumnya diberitakan Kasi SAR Jayapura Marinus Ohoirat mengatakan pesawat SAM Air tersebut hilang kontak saat sedang melakukan penerbangan kedua pada Jumat.

Ia menambahkan, rute pesawat PK-SMW tersebut melintasi kawasan pedalaman yang dikelilingi pegunungan.

“Itu daerah pedalaman, sehingga dikelilingi oleh pegunungan,” ucap Marinus dalam Breaking News KOMPAS TV, Jumat.

“Untuk rutenya itu memang rute biasa. Hari ini itu adalah flight kedua. Pagi tadi sudah flight pertama, dari Elelim ke Poik, terus kembali lagi ke Elelim.”

“Jadi yang tadi itu sebenarnya flight yang kedua, dan rute tersebut adalah rute biasa yang sudah biasa dijalani oleh PK-SMW,” tegasnya.




Sumber : Kompas TV/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x