Kompas TV regional jawa tengah dan diy

UGM Trail Run 2023: Sensasi Lari di Kaki Gunung Merapi, Kuota Tersisa 500 Peserta

Kompas.tv - 2 September 2023, 05:21 WIB
ugm-trail-run-2023-sensasi-lari-di-kaki-gunung-merapi-kuota-tersisa-500-peserta
Salah seorang peserta perempuan even UGM Trail Run 2022 saat melintasi kawasan hutan Wanagama Gunungkidul, D.I Yogyakarta. Even serupa tahun ini kembali digelar namun berubah tempat di Karang Pramuka, Kaliurang, Sleman, 1 Oktober mendatang. (Sumber: ugmtrailrun.com)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Kabar baik bagi para pelari yang ingin merasakan sensasi berlari di kaki Gunung Merapi dengan sejuknya suhu kawasan Kaliurang, Yogyakarta. Kiranya UGM Trail Run 2023 pantang untuk dilewatkan pada even yang akan digelar pada 1 Oktober mendatang.

Untuk gelaran tahun ini, UGM Trail Run yang akan mengambil lokasi start dan finish di Karang Pramuka, Kaliurang, Sleman, sebagai bagian dari rangkaian acara peringatan Dies Natalis ke-74 UGM.

Dengan latar belakang kegagahan dan keanggunan salah satu gunung api teraktif di Indonesia ini, para peserta UGM Trail Run akan diajak menyelesaikan tantangan berlari melintasi alam lereng pegunungan pada kategori jarak 5, 10 dan 21 km.

Baca Juga: Seribu Pelari Ramaikan Bank Jateng Friendship Run Makassar

"Target peserta adalah 1.500 pelari, hingga siang ini masih tersisa kuota sekitar 500 orang. Jadi pendaftaran masih kami buka hingga 2 pekan mendatang," jelas Ketua Panitia Pelaksana UGM Trail Run 2023, Nugroho Dewayanto pada awak media, Jumat (1/9).

Nugroho menjelaskan, untuk jumlah peserta tahun ini naik dari gelaran terakhir tahun 2022 lalu yang saat itu mengambil lokasi di Hutan Wanagama Gunungkidul. Peserta yang mampu menyelesaikan rute dengan cepat dan tepat akan mendapatkan uang pembinaan sebagai hadiah.

"Pendaftaran dibuka untuk umum, pendaftaran masih dibuka hingga dua minggu ke depan melalui laman pendaftaran www.ugmtrailrun.com," tutur dia.

Sebagai even yang digagas Komunitas alumni Kagama Lari untuk Berbagi (KLUB) dengan dukungan penuh dari UGM dan Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA), Nugroho menyebut pihaknya juga mengundang sejumlah alumni UGM untuk berpartisipasi pada UGM Trail Run 2023.


Maka tak mengherankan juga dilombakan kelompok beregu 10 km, yang khusus diikuti oleh anggota KAGAMA.

"Sekali lagi ini sifatnya open sehingga siapun bisa ambil bagian," imbuhnya.

Adapun Race Director, Rustian Gamananda menambahkan panitia penyelenggara memastikan rute yang dilalui sudah aman dan akan dikawal oleh marshall berpengalaman serta seluruh peserta UGM Trail Run 2023 ter-cover oleh asuransi.

Dua orang panitia UGM Trail Run 2023 menunjukan medali dan jersey peserta even tersebut yang kali ini berlangsung di Karang Pramuka, Kaliurang, Sleman, D.I Yogyakarta, 1 Oktober mendatang. (Sumber: Kompas.tv/Gading Persada)

Mengingat sebagian dari rute lomba adalah kawasan rawan bencana, sekaligus dalam lingkungan kawasan Taman Nasional, sehingga keterlibatan dari pihak-pihak yang berkepentingan tersebut akan membantu panitia dalam menjaga keamanan dan keselamatan peserta.

Baca Juga: Puluhan Ribu Pelari Ramaikan Pocari Sweat Run 2023 di Bandung!

"Kami menggandeng sejumlah pihak salah satunya tim SAR yang akan memantau kondisi Gunung Merapi. Makanya kami juga sudah siapkan mitigasi seandainya nanti ada hal tak diinginkan muncul dari Gunung Merapi saat even berlangsung," sambung Rustian.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x