Kompas TV regional jawa barat

Urai Sampah Organik Dengan Budidaya Maggot

Kompas.tv - 18 September 2023, 13:32 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Di tengah kota Bandung darurat sampah komunitas Ngadaur di kawasan Padasuka Bandung, coba membantu menyelesaikan masalah penumpukan sampah organik mereka manfaatkan magot untuk mengurai sampah organik dan mengubahnya menjadi sumberdaya yang bernilai.

Berada di kawasan Udjo Ecoland Padasuka Bandung, komunitas ngadaur mengolah sampah organik dengan cara memanfaatkan larva lalat hitam atau maggot black soldier fly, untuk mengurai sampah organik dari sektor hotel restoran dan cafe.

Beragam manfaat bisa dihasilkan dari pengolahan sampah inisampah organik ini mejadi pakan maggot sehingga bisa mengurangi jejak metana jejak karbon serta membuka lapangan pekerjaan. Selain itu hasil dari pengolahan sampah ini dapat menghasilkan sumberdaya baru yang bernilai ekonomis di antaranya maggot fresh lalat dan maggot kering yang bisa dijadikan sebagai pakan.

Sementara kasgot atau bekas maggot dapat dimanfaatkan untuk media tanam dengan harga jual Rp 30 ribu kilo gram.

Dengan kondisi bandung darurat sampah saat ini ngadaur kebanjiran order untuk mengolah sampah organik kendati demikian komunitas ini hanya mampu mengolah sampah organik 5 sampai 6 ton per hari.

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klink link di bawah:

IG : https:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube : https://www.youtube.com/@KompasTVJawaBarat

Twitter : https://twitter.com/kompastv_jabar

Facebook : https://www.facebook.com/KompasTVJawaBarat

TikTok: https://www.tiktok.com/@kompastvjabar

 




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x