Kompas TV regional papua maluku

Rehabilitasi Cagar Alam Cycloop Dengan Tanam 10.000 Pohon Bambu

Kompas.tv - 16 November 2023, 18:30 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

JAYAPURA, KOMPAS,TV - Upaya penyelamatan dan rehabilitasi cagar alam Cycloop dengan penanaman sepuluh ribu pohon bambu di Kampung Asei Kecil, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua. Kegiatan ini ditandai dengan penyerahan sepuluh ribu bibit pohon bambu dan pohon buah dari PT. Freeport Indonesia kepada Pemerintah Provinsi Papua.

Bantuan ini merupakan upaya penyelamatan hutan di Papua termasuk cagar alam Cycloop yang rusak akibat penebangan hutan, selain itu sebagai bentuk rehabilitasi daerah aliran sungai yang berada di Kabupaten dan Kota Jayapura sejak tahun 2021.

Penanaman pohon buah akan dilakukan sepanjang 78 kilometer dari pesisir enam hingga Kampung Maribu, Distrik Sentani Barat secara bertahap oleh kelompok-kelompok tanam baik dari masyarakat adat, gereja, masjid, perguruan tinggi, TNI-Polri hingga kelompok pencinta alam.

Pemerintah daerah mengapresiasi kegiatan ini dengan harapan upaya pemulihan cagar alam Cycloop menjadi perhatian semua pihak, karena cagar alam Cycloop merupakan kawasan konservasi dan menjadi penyuplai air bersih bagi masyarakat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x