Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Meresahkan, Damkar Evakuasi Sarang Tawon Vespa di Atap Rumah

Kompas.tv - 12 Februari 2024, 13:45 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Tim Damkar Kota Semarang yang mendapatkan laporan adanya sarang tawon vespa di atap rumah warga,langsung menindaklanjuti melalui damkar terdekat yakni pos Damkar Gunungpati. Evakuasi dilakukan malam hari untuk mengantisipasi serangan balik dari tawon-tawon vespa ini yang bisa membahayakan warga sekitar.

Evakuasi sarang tawon yang cukup besar dan dikhawatirkan bisa mengganggu warga ini sempat terkendala karena posisinya yang berada di atap lantai dua rumah warga, dan juga terlalu dekat dengan instalasi listrik PLN. Sehingga petugas harus menggunakan tangga yang memiliki panjang hingga sembilan meter untuk bisa menjangkau sarang tawon vespa ini.

Namun, akhirnya tim gabungan Damkar Gunungpati dan Damkar Induk Kota Semarang berhasil melakukan evakuasi dengan membakar sarang tawon ini. Dengan hati-hati salah satu petugas yang naik hingga ujung tangga secara bertahap membakar sarang dengan alat khusus hingga tuntas.

“Alhamdulillah pada pukul 22.00 WIB sudah teratasi, semua sudah aman,” kata Alfian Iftahudin, Danru Tim II Pos Damkar Gunungpati.

Seperti diketahui tawon vespa hidup secara berkelompok dalam koloni dengan ditandai adanya sarang berukuran besar sebagai tempat tinggal yang berisi hingga ratusan tawon. Dan alat pertahanan diri berupa sengatan serta racun bisa menjadi mematikan jika sewaktu-waktu digunakan untuk mempertahankan diri terhadap ancaman.

#damkar #sarangtawon #semarang

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x