Kompas TV regional berita daerah

Tim Kemensos RI Beri Layanan Dukungan Psikososial Bagi Korban Erupsi Gunung Api Ruang

Kompas.tv - 24 April 2024, 18:40 WIB
Penulis : KompasTV Manado

SITARO, KOMPAS.TV- Tim dari Kementerian Sosial memberikan layanan dukungan psiko sosial bagi kelompok rentan secara khusus anak-anak korban erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Erupsi gunung ruang di Kabupaten Kepulauan telah menyebabkan 12.476 jiwa terdampak serta 3.598 jiwa terpaksa harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Korban pengungsian tersebut tak hanya orang dewasa namun juga anak-anak dan kelompok lanjut usia, yang merupakan kelompok rentan.

Dalam upaya untuk memberikan dukungan sosial bagi kelompok rentan, tim dari Kementerian Sosial memberikan layanan dukungan psikososial yang menyasar para anak-anak di posko pengungsian yang berada di pulau Tagulandang.

Kepala Sentra Tumou-Tou Manado Kementerian Sosial Meerada Saryati Ariani mengatakan anak-anak korban bencana alam yang kini tinggal di pengungsian perlu mendapatkan support terutama agar perisitiwa traumatis akibat bencana, tidak berdampak buruk baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek.

Pantauan Kompas tv, dalam layanan psikososial yang diberikan tim dari Kementerian Sosial, sejumlah anak-anak di pengungsian yang berada di Gereja Viadolorosa pulau Tagulandang, diajak untuk bernyanyi, bermain dan menggambar.

Aktivitas bermain sambil belajar ini diharapkan bisa membuat anak-anak dapat beradaptasi di lokasi pengungsian, yang kondisinya terbatas dan berbeda dengan aktivitas normal mereka sebelum terjadi erupsi Gunung Ruang.

Usai bermain dan belajar, anak-anak diberi hadiah berupa boneka dan mobil-mobilan.

#kompastvmanado #kemensos #erupsigunungruang

Yannemieke Singal Kompas tv Sitaro

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x