Kompas TV religi beranda islami

Tidur Sering Gelisah? Rasulullah Sarankan Baca Doa Ini di Malam Hari

Kompas.tv - 29 Oktober 2021, 16:57 WIB
tidur-sering-gelisah-rasulullah-sarankan-baca-doa-ini-di-malam-hari
Ilustrasi tidur, bisa juga baca amalan dan doa dari Rasulullah di malam hari agar mimpi indah dan tidur berkualitas ya (Sumber: Freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tidur gelisah bisa jadi pertanda ada yang tidak beres dalam diri Anda. Rasulullah memberi saran untuk baca doa ini pada malam hari saat Anda merasa tidak tenang.

Doa ini termaktub dalam kitab Adzkar karya Imam Nawawi. Sebuah kitab babon yang diajarkakan turun temurun dalam tradisi Islam dan berisi tentang khazanah, zikir dan doa-doa hidup sehari-sehari Muslim.

Nah, doa dari Rasulullah ini diajarkan kepada Sahabat Zaid bin Tsabit ketika ia semalaman tergolek tidak bisa memejamkan mata. Ia gelisah, entah karena apa.

Lantas Rasul memberi doa ini dan diamalkan oleh Zaid bin Tsabit. Dan sahabat Nabi itu pun akhirnya bisa tenang, tidak lagi gelisah dan bisa tidur malam dengan nyenyak.

Baca Juga: Bacalah Doa Sore Hari yang Diajarkan Rasulullah Ini agar Hidup Berkah

Tentu saja, doa ini bisa kita amalkan jika kita sedang dalam keadaan gelisah dan sukar untuk tidur.

Doa Malam Hari yang Diajarkan Rasulullah

Teks arab doa malam hari yang diajarkan Rasulullah (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks latin: Allahumma gharatin nujum wa hada’atil ‘uyun, wa anta hayyun qayyumun, la ta’khudzuhu sinatun wa la naum. Ya hayyu, ya qayyûm, ahdi’ layli wa anim ‘ayni.

Artinya, “Tuhanku, bintang-bintang telah pargi, dan banyak bola mata menjadi tenang sementara Kau adalah zat maha hidup dan zat maha tegak. Kantuk dan tidur tidak mempengaruhi-Mu. Wahai Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak, tenangkan malam hamba dan istirahatkanlah mata hamba ini.”

Semoga lewat doa ini, kita semua tidak lagi gelisah sebab Allah senantiasa menjaga kita semua. Amin. Wallahu a’lam.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x