Kompas TV religi beranda islami

Memuliakan Tetangga Termasuk yang Non Muslim

Kompas.tv - 29 Oktober 2022, 10:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Islam mensyariatkan kepada umat Muslim agar selalu berbuat baik kepada tetangga yang hidup berdampingan bersamanya. Namun jika kita mendapati ternyata seseorang yang hidup di samping kita adalah tetangga yang non-Muslim, bagaimana seharusnya sikap kita kepada mereka? Bolehkah kita berbuat baik kepada mereka?

Banyak hadis yang menganjurkan seorang Muslim untuk berbuat baik kepada tetangga. Imam Ahmad meriwayatkan dari Abdullah Ibnu Amr Ibnul As bahwa Nabi SAW bersabda, "Sebaik-baik teman di sisi Allah ialah orang yang paling baik kepada temannya, dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah ialah orang yang paling baik kepada tetangganya."

Nabi SAW bahkan melarang kita untuk menyakiti tetangga saat menjawab pertanyaan tentang kategori dosa yang paling besar. Namun, dewasa ini sering kali ada tetangga yang tidak dikenal namanya atau bisa jadi ada yang tidak seagama.

Kendati demikian, semua tetangga wajib mendapat perlakuan baik. Ikut bergembira dengan kegembiraannya, menyampaikan belasungkawa karena kesedihannya, serta membantunya ketika mengalami kesulitan. Rasulullah SAW bahkan bersabda kepada sahabat, Abu Dzar al Ghifari, "Wahai Abu Dzar, apabila engkau (keluargamu) memasak daging, perbanyaklah kuahnya dan berilah tetanggamu." (HR Muslim).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x