Kompas TV religi beranda islami

Doa Malam 1 Suro, Baca Ayat Kursi dan Doa Awal Tahun Baru Setelah Magrib

Kompas.tv - 18 Juli 2023, 07:49 WIB
doa-malam-1-suro-baca-ayat-kursi-dan-doa-awal-tahun-baru-setelah-magrib
Ilustrasi. Doa malam 1 Suro untuk meminta perlindungan Allah SWT (Sumber: tribunnews.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Doa malam 1 Suro atau 1 Muharram 1445 Hijriah/2023 Masehi dibaca setelah Magrib untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT dari mara bahaya apapun.

Doa malam 1 Suro juga dibaca untuk memulai awal tahun dengan harapan memperoleh keberkahan dan dilimpahkan rezeki setahun ke depan.

Diketahui, malam 1 Suro identik dengan suasana seram, hal ini tidak lepas dari mitos yang berkembang di masyarakat, khususnya pulau Jawa. 

Malam satu Suro umumnya diperingati pada malam hari setelah Maghrib sehari sebelum tanggal 1 Sura atau 1 Muharam.

Menurut kalender Jawa, malam 1 Suro 2023 jatuh pada hari ini, Selasa (18/7/2023) setelah magrib atau malam ini.

Baca Juga: Bacaan Doa Awal dan Akhir Tahun Baru Islam 2023, Ini Waktu Mengucapkannya

Pemerhati budaya sekaligus Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret (UNS) Tundjung W Sutirto mengatakan ada sejumlah mitos di malam satu Suro yakni tidak boleh keluar rumah, mengadakan pernikahan hingga tidak boleh pindah rumah.

Mitos ini berawal dari pensakralan yang dilakukan masyarakat Jawa terkait penggabungan kalender Islam dan Jawa (Hindu) sebagaimana asal-usul malam satu Suro.

"Jadi momentum penanggalan yang digaungkan itu diyakini sebuah momentum yang istimewa sehingga masyarakat menganggap malem Suro adalah sakral karena adanya penggabungan itu akan menentukan perhitungan (dalam bahasa Jawa: petangan)," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (13/7/2023).

Malam 1 Suro ada sejak Sultan Agung menciptakan penggabungan kalender Saka dengan Islam pada dilakukan hari Jumat Legi, saat pergantian tahun baru Saka 1555 yang ketika itu bertepatan dengan tahun baru Hijriah 1 Muharam 1043 H dan 8 Juli 1633 M.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x