Kompas TV video sinau

Mengenal Hewan yang Berukuran Sangat Kecil saat Dilahirkan

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 17:18 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Hewan hewan berikut memiliki keunikan yang perlu kita ketahui. Karena perubahan ukuran yang sangat drastis. Ketika terlahir ke dunia, ukurannya amat kecil. Namun ketika sudah dewasa bisa berkali lipat besarnya.

Yang pertama ada kanguru, bayi kanguru berukuran amat kecil ketika lahir, hanya sebersar 2,5 sentimeter. Dan induk kanguru hanya mengandung bayinya selama 33 hari saja, sampai bayinya dilahirkan. Bayi kanguru terlahir prematur, maka terus berada di dalam kantong induknya untuk bertumbuh. Bayi kanguru akan terus berada di kantung induknya sampai usia delapan bulan, dan benar benar bisa hidup mandiri. Meninggalkan kantung induknya secara permanen. Kanguru dewasa bisa tumbuh setinggi dua meter dan berat 100 kilogram.

Selanjutnya ada ikan marlin, bayi ikan marlin kecil hanya sebesar ikan teri, ikan pemburu ini saat dewasa bisa tumbuh hingga lima meter dengan berat 700 kilogram. Sayangnya populasi marlin makin terus berkurang akibat terus diburu.

Terakhir adalah panda, saat bayi panda lahir. Beratnya tidak sampai 100 gram.  Selain itu, bayi panda yang lahir berwarna merah muda juga buta dan tidak berdaya. Tampilan itu sama sekali tak sama dengan penampakan induknya  yang berukuran 900 kali lebih besar. Panda dewasa bisa tumbuh hingga dua meter dan berat 100 kilogram. 

Baca Juga: Kesaksian Warga Afghanistan, Taliban Penggal Anaknya setelah Disiksa seperti Hewan

https://www.kompas.tv/article/201065/kesaksian-warga-afghanistan-taliban-penggal-anaknya-setelah-disiksa-seperti-hewan 

Grafis: Arief Rahman



Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA


Close Ads x