Kompas TV video berkas kompas

[FULL] Hutan Dibabat Bencana Untuk Masyarakat | BERKAS KOMPAS

Kompas.tv - 27 Desember 2023, 21:00 WIB
Penulis : Leiza Sixmansyah

KOMPAS.TV - Kerusakan lingkungan tercipta karena salah satu faktor pencetusnya adalah akibat penebangan hutan secara masif.

Pembalakan liar di desa simangulampe, Kabupaten Humbang Hasundutan, membuat banjir bandang dan longsor menerjang. Dua pekan sebelumnya, di desa Sihotang, Kabupaten Samosir, terjadi banjir dan longsor juga. Ini pun disebabkan penggundulan hutan. Padahal menurut WALHI, wilayah yang hutannya digerogoti ini, masuk dalam kawasan Bentang Alam Tela. Yakni, kawasan hutan terakhir di danau toba. Merusaknya, sama saja mendatangkan bencana.

Tim Berkas Kompas juga memotret potensi kerusakan lingkungan yang terjadi di Bayah, Lebak, Banten. Di sini ada tambang karst untuk produksi semen dan juga tambang emas. Bagi masyarakat adat di sana, karst ada sumber mata air yang sangat berharga bagi mereka. Menebang satu pohon pun tak diperkenankan. Potret buram kerusakan lingkungan di Bayah tergambar ketika banjir dan longsor menghempas ke perkampungan warga. lPaparan debu semen yang tak dikelola dengan sempurna, menimbulkan dampak kesehatan bagi warga. Debu-debu itu, kalau menempel di keramik, tidak bisa dibersihkan menggunakan air saja. Melainkan harus menggunakan karbol.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x