Kompas TV ekonomi perbankan

Mengenal Tabungan Umrah dari Perbankan Syariah: Manfaat dan Cara Membuka Rekeningnya

Kompas.tv - 21 Desember 2023, 03:40 WIB
mengenal-tabungan-umrah-dari-perbankan-syariah-manfaat-dan-cara-membuka-rekeningnya
Tabungan umrah adalah produk simpanan yang diperuntukkan bagi nasabah dengan tujuan menunaikan ibadah umrah pada waktu yang telah ditentukan. (Sumber: subang.kemenag.go.id)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi Anda yang berniat menjalankan ibadah umrah, bisa memanfaatkan layanan tabungan umrah dari perbankan syariah.

Tabungan umrah adalah produk simpanan yang diperuntukkan bagi nasabah dengan tujuan menunaikan ibadah umrah pada waktu yang telah ditentukan.

Cara kerja produk ini tak berbeda dengan produk tabungan haji maupun tabungan berjangka lain pada umumnya. Apabila menggunakan akad mudharabah, Anda juga akan mendapatkan imbalan berupa bagi hasil.

Setelah dana mencapai jumlah yang sesuai dengan nominal ongkos umrah, Anda dapat langsung menggunakannya untuk perjalanan ke Tanah Suci.

Ibadah umrah tidak harus menunggu antrian seperti halnya berhaji karena bisa dilakukan kapan pun.

Tetapi, ada waktu tertentu yang menjadi favorit umat Islam untuk menunaikan ibadah umrah, seperti bulan suci Ramadan, akhir tahun, dan awal tahun.

Baca Juga: Kemenag akan Cairkan Tunjangan 98.972 Guru Madrasah Bukan ASN, Anggarannya Rp321 M

Manfaat Tabungan Umrah

Dikutip dari laman resmi Bank Syariah Indonesia (BSI), Rabu (20/12/2023), ada beberapa tujuan dan manfaat membuka tabungan umrah, berikut beberapa di antaranya:

1. Mengumpulkan biaya umrah menjadi lebih ringan

Dengan membuka rekening simpanan berjangka untuk umrah, proses mengumpulkan biaya umrah yang tidak sedikit, menjadi jauh lebih ringan.

Terlebih, bank syariah memberikan syarat setoran yang ringan, bebas biaya administrasi, dan bisa autodebit, sehingga nasabah menjadi lebih disiplin untuk menyisihkan penghasilannya.

2. Dana tersimpan dengan aman

Mengumpulkan dana yang secara khusus ditujukan untuk ibadah umrah di bank, akan lebih aman dibandingkan menyimpan uang sendiri.

Baca Juga: Catat, Berikut Link dan Syarat Mendaftar Awak Kabin Garuda Indonesia untuk Penerbangan Haji 2024



Sumber : KOMPAS TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x