Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Naik Whoosh Bisa Parkir di Stasiun Kereta Cepat, Tarifnya Rp5.000 untuk 1 Jam Pertama

Kompas.tv - 10 Januari 2024, 05:45 WIB
naik-whoosh-bisa-parkir-di-stasiun-kereta-cepat-tarifnya-rp5-000-untuk-1-jam-pertama
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan tempat parkir atau fasilitas park and ride di Stasiun Kereta Cepat Whoosh. Fasilitas ini dibuat lantaran banyak penumpang Whoosh yang bepergian di antara Jakarta dan Bandung hanya dalam 1 hari. (Sumber: KCIC)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan tempat parkir atau fasilitas park and ride di Stasiun Kereta Cepat Whoosh.

Fasilitas ini dibuat lantaran banyak penumpang Whoosh yang bepergian di antara Jakarta dan Bandung hanya dalam 1 hari. 

General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, 48% penumpang kereta cepat Whoosh adalah masyarakat yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Jakarta atau Bandung. 

Dengan demikian, diperlukan fasilitas Park and Ride yang nyaman, agar semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi umum.

“Banyak penumpang yang memanfaatkan Whoosh pagi dari Halim, kemudian berlibur di Bandung, dan kembali ke Jakarta di malam hari," kata Eva dalam keterangan resminya, Selasa (9/1/2024). 

Baca Juga: Damri Buka Rute Stasiun Whoosh Tegalluar-Stasiun KA Bandung, Ini Jadwal dan Harga Tiketnya

"Penumpang tidak perlu lagi repot-repot menggunakan kendaraan sendiri ke Bandung dan cukup memanfaatkan fasilitas parkir yang nyaman dan aman yang telah KCIC sediakan,” tambahnya. 

KCIC menyediakan Fasilitas Park and Ride di Stasiun Kereta Cepat Halim dengan kapasitas 212 mobil dan di Stasiun Kereta Cepat Tegalluar dengan kapasitasnya mencapai 107 mobil dan 220 motor. 

Adapun untuk fasilitas Park and Ride di Stasiun Bandung dan Padalarang juga telah tersedia di area parkir Stasiun milik KAI.

Tarif di Park and Ride Stasiun Whoosh adalah Rp5.000 untuk 1 jam pertama dan Rp4.000 untuk jam berikutnya. 

Selain berdasarkan jam, layanan parkir di Stasiun Kereta Cepat juga mengakomodir fasilitas menginap.

Untuk kemudahan transaksi dan mendukung gerakan non tunai, pembayaran parkir di kedua stasiun kereta cepat tersebut seluruhnya sudah menggunakan Kartu Uang Elektronik.

Baca Juga: Begini Cara Gampang untuk Mengetahui Nomor Kursi di Kereta Api | SINAU

Eva menjelaskan, KCIC bersama operator pengelola jasa parkir juga sudah menempatkan petugas dan fasilitas keamanan untuk menjaga kendaraan penumpang.

Sehingga penumpang tidak perlu khawatir jika ingin menyimpan dan menitipkan mobil di area parkir stasiun Kereta Cepat

“Fasilitas dan layanan terus KCIC hadirkan untuk terus mendorong berbagai budaya baru di masyarakat sejak kehadiran Whoosh," ujarnya. 

"Bepergian Jakarta-Bandung dalam 1 hari dan beralih dari penggunaan transportasi pribadi ke umum merupakan hal yang terus KCIC dukung melalui kehadiran Whoosh beserta fasilitas-fasiltas pendukungnya.” tandasnya. 



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x