Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Solo Bakal Punya Rel Kereta Layang Terpanjang di Indonesia, Targetnya Selesai September 2024

Kompas.tv - 14 April 2024, 05:50 WIB
solo-bakal-punya-rel-kereta-layang-terpanjang-di-indonesia-targetnya-selesai-september-2024
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kepala Korlantas Polri Irjen. Pol. Aan Suhanan meninjau progress pembangunan jalur kereta di Simpang Joglo, Solo, Sabtu (13/4/2024). (Sumber: Kemenhub)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

SOLO, KOMPAS.TV- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, pembangunan jembatan rel kereta api elevated (layang) di Simpang Joglo, Solo, Jawa Tengah ditargetkan akan selesai pada September 2024. 

Hal itu diungkapkan Menhub Budi Karya saat meninjau proyek jalur kereta di Simpang Joglo, bersama Kepala Korlantas Polri Irjen Aan Suhanan Sabtu (13/4/2024). 

"Kami lihat tadi progressnya relatif sesuai dengan rencana. Insya Allah bulan September selesai," kata Budi. 

Ia menerangkan, jembatan rel kereta api Simpang Joglo merupakan bagian dari pembangunan rel ganda kereta api Solo - Semarang fase 1, segmen Solo Balapan - Kalioso sepanjang 10 kilometer spoor. 

Baca Juga: Saat Hasto Sindir Kereta Cepat: Utangnya 70 Tahun Baru Lunas, Belum-Belum Sudah Bocor

Kemenhub menyebut, jembatan rel Simpang Joglo akan jadi rel layang terpanjang di Indonesia.

Jika sudah beroperasi, diharapkan dapat mengatasi kemacetan di perlintasan sebidang Simpang Joglo, Solo.

Adapun desain konstruksi jembatan rel layang mengadopsi kearifan lokal yang ada di kota Solo yaitu Batik Sidomukti, Pasar Klewer dan Keraton.

"Di simpang Joglo ini ada tujuh jalan. Jadi bayangkan kalau ada kereta api lewat, itu macetnya bisa setengah jam. Untuk itu kami lakukan inovasi, satu konsep semacam struktur yang sekaligus bisa menjadi ikon kota Solo," ungkapnya. 

Kakorlantas Irjen Aan Suhanan menambahkan, Simpang Joglo memang merupakan titik kemacetan panjang saat kereta api lewat. Kawasan tersebut juga rawan kecelakaan. 

Baca Juga: Menhub Minta Maskapai Antisipasi Peningkatan Bagasi Penumpang saat Arus Balik Lebaran

"Dengan nanti dioperasikannya jembatan layang ini merupakan satu solusi untuk mengurai kemacetan di Simpang Joglo dan juga sekaligus menjamin keselamatan berlalu lintas karena tidak ada lagi lintasan sebidang," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal dan Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan A. Purwantono.



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x