Kompas TV genbest tumbuh kembang

Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi? Yuk, Simak 5 Tips Berikut!

Kompas.tv - 6 Desember 2023, 12:30 WIB
bayi-rewel-saat-tumbuh-gigi-yuk-simak-5-tips-berikut
Ilustrasi bayi yang sedang rewel akibat mengalami fase tumbuh gigi. (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Salah satu fase yang akan dilewati anak saat tumbuh dan berkembang adalah masa tumbuh gigi. Umumnya, gigi susu mulai tumbuh pada anak usia 6 hingga 8 bulan.

Kemudian, proses pertumbuhannya akan berlanjut hingga berjumlah 20 gigi pada usia 3 tahun. Sebagai orang tua, momen tumbuh gigi ini menjadi salah satu momen yang sangat Anda nantikan sehingga perlu sejumlah persiapan.

Anak yang sedang mengalami pertumbuhan gigi tak jarang menjadi rewel, mengalami demam ringan, atau muncul rasa ingin mengunyah terus menerus karena terasa gatal di gusi. Jika tidak diatasi, keluhan-keluhan ini dapat menghambat perkembangan anak.

Nah, Anda tidak perlu khawatir saat bayi mengalami hal ini. Bayi yang rewel akibat tumbuh gigi bisa diatasi dengan tips berikut ini.

Tips Mengatasi Bayi Rewel karena Tumbuh Gigi

1. Berikan mainan khusus untuk gigi bayi

Saat masa pertumbuhan gigi, bayi cenderung ingin terus mengigit. Karena itu, ada baiknya Ayah dan Bunda menyediakan mainan yang dirancang khusus untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi. 

Anda dapat dengan mudah menemukan teether dijual di pasaran dengan bentuk dan warna yang beragam. Pastikan mainan tersebut terbuat dari bahan seperti karet yang cukup kuat tetapi fleksibel. Selain itu, disarankan untuk memilih mainan berlabel "BPA free" agar aman jika dimasukkan ke dalam mulut. 

Anda juga perlu memantau anak ketika mereka menggigit mainan untuk mencegah bahaya tersedak dan mainan selalu dalam keadaan bersih.

2. Gunakan sikat gigi lembut

Setelah gigi bayi mulai tumbuh, Anda dapat mulai membersihkannya. Untuk menyikat gigi, gunakan sikat gigi khusus bayi yang berukuran kecil dengan bulu lembut. 

Jika Anda menggunakan pasta gigi, pastikan produk tersebut mengandung bahan yang aman untuk ditelan. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x