Kompas TV internasional kompas dunia

8 Nelayan Indonesia Dikhawatirkan Tenggelam dan 11 Lainnya Selamat Usai Terdampar Australia

Kompas.tv - 19 April 2023, 16:08 WIB
8-nelayan-indonesia-dikhawatirkan-tenggelam-dan-11-lainnya-selamat-usai-terdampar-australia
Nelayan Indonesia tampak berdiri di sebuah pantai di Pulau Bedwell, 313 km sebelah barat Broome, Australia, hari Senin, 17 April 2023. Delapan nelayan Indonesia dikhawatirkan hilang dan 11 orang diselamatkan setelah enam hari tanpa makanan atau air di pulau tandus di lepas pantai barat laut Australia setelah topan tropis yang kuat, kata pihak berwenang pada Rabu, 19 April 2023. (Sumber: Australia Maritime Safety Authority via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

CANBERRA, KOMPAS.TV - Delapan nelayan Indonesia dikhawatirkan tenggelam dan sebelas lainnya berhasil diselamatkan setelah menghabiskan enam hari tanpa makanan dan minuman di sebuah pulau tandus di lepas pantai barat laut Australia, setelah terdampar dalam badai siklon tropis yang hebat, otoritas mengatakan pada hari Rabu (19/4/2023).

Dua perahu nelayan Indonesia yang sangat sederhana terjebak dalam jalur Siklon Ilsa, yang datang menghempas hari Jumat sebagai badai paling kuat di Australia dalam delapan tahun terakhir, dengan angin berhembus  289 kilometer per jam, seperti laporan Associated Press, Rabu, (19/4/2023).

Salah satu perahu, Putri Jaya, tenggelam dalam "kondisi cuaca ekstrem" pada tanggal 11 atau 12 April ketika siklon Ilsa mengumpulkan kekuatan di Samudera Hindia dan menghembus menuju pantai, kata Australian Maritime Safety Authority dalam sebuah pernyataan, mengutip para korban selamat.

Perahu lainnya, Express 1, terdampar dengan 10 orang di atasnya tanggal 12 April di Pulau Bedwell, sebuah gundukan pasir sekitar 300 kilometer di barat kota pantai turis Australia, Broome.

Satu-satunya korban selamat dari Putri Jaya menghabiskan 30 jam di laut sebelum terdampar di pulau yang sama, kata pernyataan itu.

"Mereka semua tinggal (di Pulau Bedwell) selama enam hari tanpa makanan dan air sebelum diselamatkan pada Senin malam," kata otoritas tersebut.

Korban selamat dari Putri Jaya mengikat dirinya pada sebuah kaleng bahan bakar untuk tetap mengapung di laut sebelum berenang ke pulau itu, kata Putu Sudayana, kepala badan pencarian dan penyelamatan Indonesia di Kupang, ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur di mana para nelayan tinggal di bagian timur kepulauan Indonesia.

Baca Juga: Nelayan Indonesia Semakin Tersingkir dari Laut Natuna, Kapal dari Negara Ini Justru Kian Banyak

Para korban selamat itu ditemukan pada hari Senin oleh Australian Border Force, yang mengawasi pendekatan utara Australia untuk penyelundupan dan aktivitas ilegal lainnya, dari sebuah pesawat pada misi pengawasan rutin,  April 2023. (Sumber: Australian Maritime Safety Authority via AP)

Para korban selamat itu ditemukan pada hari Senin oleh Australian Border Force, yang mengawasi pendekatan utara Australia untuk penyelundupan dan aktivitas ilegal lainnya, dari sebuah pesawat pada misi pengawasan rutin. Helikopter penyelamat berbasis di Broome dikerahkan dan menarik 11 orang tersebut di tengah cahaya yang mulai redup.

Gordon Watt, seorang manajer di penyedia jasa helikopter PHI Aviation, mengatakan bahwa kru helikopter penyelamat tidak dapat mendarat di atas pasir.

"Mereka harus melakukan penyelamatan dengan tali derek yang mana sulit untuk dilakukan," kata Watt. "Karena waktu sudah malam, awak penyelamat harus beralih menggunakan kacamata malam."

Para korban yang selamat dibawa ke Rumah Sakit Broome, di mana Border Force dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa mereka dilaporkan "dalam kondisi sehat meskipun mengalami kesulitan."



Sumber : Associated Press/BBC



BERITA LAINNYA



Close Ads x