Kompas TV internasional kompas dunia

PBB: Konflik Dahsyat di Sudan Sudah Membuat Sekitar 3,1 juta Orang Mengungsi

Kompas.tv - 13 Juli 2023, 00:00 WIB
pbb-konflik-dahsyat-di-sudan-sudah-membuat-sekitar-3-1-juta-orang-mengungsi
Konflik dahsyat di Sudan telah mengusir sekitar 3,1 juta orang dari rumah mereka, termasuk lebih dari 700.000 yang melarikan diri ke negara tetangga, kata Perserikatan Bangsa-Bangsa hari Rabu (12/7/2023) (Sumber: Amnesty International)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

KAIRO, KOMPAS.TV - Konflik dahsyat di Sudan telah mengusir sekitar 3,1 juta orang dari rumah mereka, termasuk lebih dari 700.000 yang melarikan diri ke negara tetangga, kata Perserikatan Bangsa-Bangsa hari Rabu (12/7/2023), di tengah kekhawatiran yang meningkat bahwa negara tersebut sedang tergelincir ke dalam "perang saudara skala penuh".

Sudan tenggelam dalam kekacauan sejak pertengahan April ketika ketegangan berbulan-bulan antara militer dan lawannya, Pasukan Dukungan Cepat paramiliter, RSF, meledak menjadi pertempuran terbuka di ibu kota, Khartoum, dan di tempat lain di negara di Afrika bagian timur laut, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, Rabu (12/7/2023).

Konflik tersebut menggagalkan harapan Sudan untuk mengembalikan transisi negara yang rapuh ke demokrasi, yang telah dimulai setelah pemberontakan populer memaksa militer menggulingkan diktator jangka panjang Omar al-Bashir pada April 2019. Kudeta yang dipimpin oleh militer dan RSF mengganggu transisi demokratis pada Oktober 2021.

Lebih dari 2,4 juta orang mengungsi di dalam negeri, menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi IOM, 738.000 orang menyeberang ke negara tetangga, kata badan tersebut.

Mesir menjadi tuan rumah jumlah terbesar dari mereka yang melarikan diri, dengan lebih dari 255.500 orang, diikuti oleh Chad dengan lebih dari 238.000 dan Sudan Selatan dengan sekitar 160.800, kata IOM. Lebih dari 62.000 orang melarikan diri ke Ethiopia, lebih dari 16.700 ke Republik Afrika Tengah, dan sekitar 3.000 ke Libya, tambahnya.

Lebih dari 72% dari mereka yang mengungsi berasal dari Khartoum dan sekitar 9% berasal dari provinsi Darfur Barat, kedua tempat di mana bentrokan tersebut sebagian besar terpusat, kata IOM.

IOM mengatakan, 65% dari mereka yang melarikan diri ke negara-negara tetangga adalah warga Sudan dan sisanya adalah orang asing dan pengungsi yang dipaksa untuk kembali ke negara asal mereka.

Konflik ini telah mengubah Khartoum dan daerah perkotaan lainnya menjadi medan perang. Anggota pasukan paramiliter telah menduduki rumah-rumah penduduk dan properti sipil lainnya sejak konflik pecah, menurut penduduk dan aktivis. Juga ada laporan tentang kerusakan dan penjarahan yang meluas di seluruh Khartoum dan Omdurman.

Baca Juga: Sekjen PBB: Sudan di Ambang Perang Saudara Skala Penuh

Konflik dahsyat di Sudan telah mengusir sekitar 3,1 juta orang dari rumah mereka, termasuk lebih dari 700.000 yang melarikan diri ke negara tetangga, kata Perserikatan Bangsa-Bangsa hari Rabu (12/7/2023) (Sumber: PBS)

Wilayah yang luas di Darfur menjadi saksi beberapa kekerasan terburuk dalam konflik dengan pertempuran berubah menjadi bentrokan etnis, menurut PBB.

RSF dan milisi Arab sekutunya merajalela di wilayah tersebut, memaksa ratusan ribu orang untuk melarikan diri dari rumah mereka, kata kelompok hak asasi manusia. Kota-kota dan desa-desa seluruhnya dibakar dan dirampok, terutama di Provinsi Darfur Barat.

Bentrokan ini telah menewaskan lebih dari 3.000 orang dan melukai lebih dari 6.000 lainnya, kata Menteri Kesehatan Haitham Mohammed Ibrahim dalam komentar di televisi bulan lalu. Jumlah korban kemungkinan jauh lebih tinggi, menurut para dokter dan aktivis.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x