Kompas TV internasional kompas dunia

Serangan Drone di Homs Suriah Pada Pelantikan Akademi Militer Tewaskan Banyak Orang

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 01:30 WIB
serangan-drone-di-homs-suriah-pada-pelantikan-akademi-militer-tewaskan-banyak-orang
Serangan drone melanda upacara kelulusan akademi militer di kota Homs, Suriah. Serangan ini menewaskan sejumlah warga sipil dan personel militer yang belum diungkap jumlahnya serta melukai puluhan lainnya, seperti yang dilaporkan oleh televisi negara Suriah. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

BEIRUT, KOMPAS.TV - Serangan drone melanda upacara kelulusan akademi militer di kota Homs, Suriah. Serangan ini menewaskan sejumlah warga sipil dan personel militer yang belum diungkap jumlahnya serta melukai puluhan lainnya, seperti yang dilaporkan oleh televisi negara Suriah.

Militer Suriah menyatakan drone yang membawa bahan peledak itu menghantam saat upacara pelantikan berakhir. Mereka menuduh kelompok pemberontak yang "didukung oleh kekuatan internasional yang dikenal" sebagai pelaku serangan ini.

 Mereka juga menyebutkan sebagian dari yang terluka mengalami kondisi kritis, termasuk perempuan dan anak-anak, seperti yang dilaporkan oleh Associated Press pada Kamis, (5/10/2023).

Mereka tidak menyebutkan jumlah korban dan tidak menuduh siapa pun secara khusus sebagai pelaku serangan mematikan ini. Belum ada kelompok yang segera mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Namun, Syrian Observatory for Human Rights, sebuah kelompok pemantau perang berbasis di Inggris, mengatakan tujuh petugas tewas dan 20 lainnya luka. Mereka juga menambahkan salah satu personel yang hadir dalam upacara tersebut adalah Menteri Pertahanan Suriah.

Dalam pernyataan militer Suriah, mereka mengatakan "akan merespons dengan kekuatan penuh dan tegas terhadap organisasi teroris ini di mana pun mereka berada."

Pada awal Kamis, pemerintah Suriah juga mengebom sebuah desa di wilayah barat laut yang dikuasai oleh pemberontak, yang menewaskan setidaknya lima warga sipil, kata aktivis dan pekerja darurat.

Baca Juga: Kematian akibat Bom Tandan di Ukraina Lampaui Korban Suriah, AS Berkelit, Rusia dan Ukraina Bungkam

Serangan drone melanda upacara kelulusan akademi militer di kota Homs, Suriah. Serangan ini menewaskan sejumlah warga sipil dan personel militer yang belum diungkap jumlahnya serta melukai puluhan lainnya, seperti yang dilaporkan oleh televisi negara Suriah. (Sumber: AP Photo)

Pemboman ini terjadi seiring dengan meningkatnya serangan di kantong yang dikuasai pemberontak dalam beberapa hari terakhir. Pemboman tersebut mengenai sebuah rumah keluarga di pinggiran desa Kafr Nouran di provinsi Aleppo barat, menurut organisasi pertahanan sipil wilayah Suriah barat laut yang dikenal dengan nama White Helmets.

Para korban termasuk seorang perempuan tua dan tiga anak perempuannya serta seorang anak laki-laki, menurut Observatory. Sembilan anggota keluarga lainnya juga luka-luka, demikian dilaporkan.



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x