Kompas TV lifestyle kesehatan

9 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Penyakit Ginjal

Kompas.tv - 23 Mei 2024, 14:36 WIB
9-makanan-yang-perlu-dihindari-penderita-penyakit-ginjal
Ilustrasi. Penyakit ginjal merupakan kondisi di mana ginjal tidak lagi berfungsi dengan baik untuk menyaring darah dan membuang limbah dari tubuh. (Sumber: iStock Photo/SvetaZi)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyakit ginjal merupakan kondisi di mana ginjal tidak lagi berfungsi dengan baik untuk menyaring darah dan membuang limbah dari tubuh. Hal ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi kesehatan yang serius.

Salah satu cara penting untuk mengelola penyakit ginjal adalah dengan mengikuti pola makan yang sehat.

Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit ginjal karena dapat memperburuk kondisi mereka. 

Dikutip dari laman Healthline, kebanyakan penderita ginjal tidak mampu secara memadai untuk membuang kelebihan zat seperti natrium, kalium, dan fosfor.

Berikut beberapa makanan yang mengandung zat-zat tersebut, sehingga perlu dihindari.

Baca Juga: Dikabarkan Mau Pensiun dari Dunia Hiburan usai Operasi Batu Ginjal, Parto Buka Suara

1. Makanan kaleng

Umumnya, makanan kaleng perlu dihindari oleh penderita ginjal. Sebab, makanan kaleng mengandung banyak pangawet yang berasal dari natrium.

Penderita penyakit ginjal harus lebih selektif dalam memilih makanan kaleng untuk membatasi konsumsi natrium. Kalau terpaksa harus mengonsumsinya, bilas dan keringkan makanan kaleng sebelum dikonsumsi.

Penelitian membuktikan bahwa membilas dan mengeringkan makanan kaleng dapat mengurangi kandungan natrium setidaknya 33 hingga 80 persen, tergantung jenis produknya.

2. Daging olahan

Daging olahan dianggap tidak sehat karena kandungan pengawetnya. Bahan makanan jenis ini juga disebut sebagai faktor pemicu penyakit kronis lainnya.

Daging olahan adalah daging yang diasinkan, dikeringkan, atau diawetkan. Daging olahan perlu dihindari penderita penyakit ginjal karena biasanya mengandung banyak natrium.

Sebagian besar garam dalam daging olahan berfungsi untuk meningkatkan rasa dan mempertahankan rasa. Selain itu, daging olahan juga memiliki kandungan protein yang tinggi.

3. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu makanan yang sangat kaya akan kalium. Satu buah alpukat berukuran sedang menyediakan 690 mg kalium.

Oleh karena itu, buah kaya lemak baik ini tidak disarankan untuk seseorang dengan gangguan ginjal.

4. Nasi merah

Makanan yang perlu dihindari penderita penyakit ginjal selanjutnya adalah nasi merah. Nasi merah kaya akan kalium dan fosfor. 

Satu cangkir nasi merah matang mengandung 150 mg fosfor dan 154 mg kalsium. Sedangkan 1 cangkir nasi putih matang, hanya mengandung 69 mg fosfor dan 54 mg kalium.



Sumber : Healthline



BERITA LAINNYA



Close Ads x