Kompas TV nasional peristiwa

KBRI Antananarivo Laksanakan Upacara Detik-detik Proklamasi di Madagaskar

Kompas.tv - 19 Agustus 2023, 01:15 WIB
kbri-antananarivo-laksanakan-upacara-detik-detik-proklamasi-di-madagaskar
Pengibaran bndera merah putih di Antananarivo ibu kota Madagaskar yang diselenggarakan oleh KBRI Antananarivo. (Sumber: KBRI Antananarivo)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - KBRI Antananarivo telah menyelenggarakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi tepat pada tanggal 17 Agustus 2023 waktu setempat . 

Kegiatan tersebut diselenggaraan untuk memenuhi permintaan masyarakat Indonesia yang bekerja di salah satu kota pelabuhan di Madagaskar Timur yang merindukan kemeriahan 17-an serta merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT RI ke-78. 

Upacara yang dipimpin oleh Bapak Benny Yan Pieter Siahaan, Kepala Perwakilan RI-Antananarivo yang juga turut dihadiri oleh Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) setempat antara lain Mr. Richard Rafidison, Gubernur Provinsi Atsinanana, Mr. Jose Ambinintsoa, Prefecture (Bupati) Toamasina, Mr. Marcial Idris, Wakil Wali Kota Toamasina, Mr. Michel Gonthier, Konsul Kehormatan Inggris di Toamasina serta Mr. Onoyama San, Manager Penta Ocean, Perusahaan Jepang yang banyak memperjakan WNI di Toamasina. 

Gubernur Richard Rafidison bahkan memuji pelaksanaan Upacara Detik-Detik Proklamasi yang diselenggarakan oleh KBRI Antananarivo yang dinilainya berlangsung secara singkat namun khidmat. 

"Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi berlangsung dengan khidmat dan singkat. Kami sangat bangga dapat berada disini untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-78. Oleh karena itu kami ingin mengucapkan selamat kepada Masyarakat Indonesia di Madagaskar khususnya kepada WNI yang berdomisili di Toamasina" ujar Bapak Gubernur melalui rilis resmi yang diterima Kompas.tv, Jumat (18/8). 

Baca Juga: Rayakan HUT ke-78 RI, Warga Kabupaten Maros Gelar Balapan Perahu Tradisional

Acara pengibaran Bendera Merah Putih pun berlangsung khidmat dan lancar, diikuti dengan pemotongan tumpeng oleh Bapak Kepala Perwakilan untuk diserahkan kepada para tamu kehormatan yakni Gubernur Antsinanana, Prefecture Toamasina, Wakil Wali Kota Toamasina serta Bapak Tajudin Tunru yang merupakan salah satu pekerja WNI di Penta Ocean yang paling senior. 

Nasi tumpeng yang dihiasi dengan timun bertuliskan "HUT RI ke-78" dan dihiasi aneka lauk khas Indonesia seperti ayam goreng, tahu isi, telor balado, ikan teri ini cukup diminati tamu hadirin khususnya tamu asing.

Setelah pelaksanaan upacara di Kantor Konsul Kehormatan, keluarga besar KBRI Antananarivo dan Masyarakat Indonesia di Toamasina turut memadati restoran Chez Christian yang terletak di pinggir Pantai untuk memainkan perlombaan khas 17 Agustus yakni Tarik tambang dan balap karung. 

Kegiatan tersebut cukup mengobati rindu akan tanah air bagi Masyarakat Indonesia di Toamasina. 

Mengawali perlombaan tersebut Bapak Benny Yan Pieter Siahaan berpesan kepada para peserta untuk bertanding secara sportif dan juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Masyarakat Indonesia yang berkenan untuk menghadiri rangkaian upacara serta perlombaan. 

"Terima kasih kepada seluruh peserta perlombaan, ini adalah bagian dari rangkaian HUT RI ke-78. Oleh karena itu, kami berpesan kepada para hadirin untuk bertanding secara sportif," tukas Bapak Keppri. 


 

Keluarga Besar KBRI Antananarivo tidak lupa mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-78 untuk Republik Indonesia.

Baca Juga: Pembawa Baki Bendera di Istana Tetap Tenang Walau Sepatunya Lepas



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x