Kompas TV nasional peristiwa

Sebelum Meninggal, Arist Merdeka Sirait Keluar Masuk Rumah Sakit Tiga Kali

Kompas.tv - 26 Agustus 2023, 13:04 WIB
sebelum-meninggal-arist-merdeka-sirait-keluar-masuk-rumah-sakit-tiga-kali
Ketua Komisi Nasional (Komnas) Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Komnas Perlindungan Anak (PA) Arist Merdeka Sirait meninggal dunia pada Sabtu (26/8/2023). Sebelum berpulang, Arist disebut sempat keluar masuk rumah sakit sebanyak tiga kali.

"Sebelumnya ada tiga kali masuk rumah sakit," ungkap adik bungsu almarhum, Agustinus Sirait, di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu.

"Jadi yang periode pertama itu, bulan lalu dirawat kurang lebih selama sepuluh hari dan dinyatakan sembuh lalu pulang. Kemudian sehabis mengikuti acara Hari Anak di Semarang lanjut menemani ibu Menteri PPA di Sumatera Utara, itu kemudian tiba-tiba jatuh sakit lagi," jelasnya.

"Setelah itu, dibawa ke rumah sakit dan dirawat di ICU selama delapan hari kemudian masuk ruang perawatan lima hari dan dinyatakan sembuh lalu pulang ke rumah."

"Tapi tepat di hari Senin kemarin, beliau merasakan sakit dan hari Selasa kami bawa ke RS Polri. Lalu dirawat di ICU dan sampai tadi pagi," bebernya.

Baca Juga: Kabar Duka, Ketua Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait Meninggal Dunia

Agustinus menambahkan, kakaknya sebenarnya jarang menderita sakit. Namun dalam beberapa waktu belakangan, almarhum merasakan sakit ketika buang air kecil.

Menurut diagnosa dokter, kata dia, Arist Merdeka Sirait menderita penyakit infeksi saluran kemih.

"Beliau ini enggak pernah sakit ya, kecuali pasang ring jantung. Tiga periode masuk rumah sakit ini memang berdekatan dan yang dirasakan adalah sakit ketika buang air kecil. Dan dokter mendiagnosa, ada infeksi saluran kandung kemih," paparnya.

Kabar meninggalnya Arist Merdeka Sirait dikonfirmasi oleh akun Instagram Komnas Perlindungan Anak @komnasanak.

"Komnas Anak Berduka. Telah berpulang Ketua Umum KOMNAS ANAK, Bapak Arist Merdeka Sirait.
Pada hari Sabtu, 26 Agustus 2023 di RS. Polri Kramat Jati, Jakarta Timur Jam 08.30 WIB
," bunyi keterangan unggahan @komnasanak.

Menurut Komnas Anak, jenazah Arist disemayamkan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, dan rencananya akan dimakamkan di Toba, Sumatera Utara.

"Untuk rumah duka RSPAD Gatot Subroto. Rencana di kuburkan di Pemakaman Keluarga di PORSEA, Toba, Sumut. Mari anak indonesia untuk kita doakan bersama. Dan mohon di maafkan segala kesalahan beliau." 

Baca Juga: Profil Arist Merdeka Sirait, Ketua Komnas Perlindungan Anak yang Berpulang Hari Ini


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x