Kompas TV olahraga kompas sport

Paralimpiade Tokyo 2020: Mengenal Goalball, Olahraga Khusus Atlet Tuna Netra

Kompas.tv - 25 Agustus 2021, 19:34 WIB
paralimpiade-tokyo-2020-mengenal-goalball-olahraga-khusus-atlet-tuna-netra
Goalball, salah satu olahraga Paralimpiade Tokyo 2020 yang diperuntukkan untuk atlet tuna netra. (Sumber: Twitter @Paralympics)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Paralimpiade Tokyo 2020 resmi dibuka Selasa (24/8/2021) malam. Hari ini, para atlet telah mulai bersaing untuk memperebutkan medali bagi negaranya.

Berbeda dengan Olimpiade, Paralimpiade mempunyai beberapa cabang olahraga yang khusus diperuntukkan bagi beberapa kelas.

Salah satunya adalah olahraga goalball atau bola gawang. Goalball merupakan olahraga yang khusus untuk penyandang tuna netra baik putra maupun putri dengan mengandalkan keterampilan, kecepatan dan akurasi.

Olahraga ini dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 3 pemain yang secara bergantian menyerang dan bertahan.

Goalball dimainkan dalam waktu 2 x 12 menit, dan setiap tim bisa melakukan 3 kali pergantian pemain.

Goalball dimainkan dengan cara pemain melemparkan bola seberat 1,25 kg ke arah gawang lawan yang berukuran 18 meter x 9 meter.

Baca Juga: Bentuk Solidaritas, Bendera Afghanistan Tetap Berkibar di Pembukaan Paralimpiade Tokyo

Bola yang digunakan merupakan bola khusus yang di dalamnya terdapat beberapa lonceng sehingga para atlet yang bermain bisa mengetahui arah bola tersebut datang.

Bola yang berhasil melewati garis dan masuk gawang akan dihitung sebagai poin. Tim yang lebih banyak mencetak poin hingga waktu permainan berakhir akan dinyatakan sebagai pemenang.

Untuk menciptakan permainan yang adil, semua pemain akan menggunakan penutup mata sehingga pemain yang tidak memiliki kebutaan total tidak diuntungkan.



Sumber : Independent/ABC/Goalball.sport/Paralympics



BERITA LAINNYA



Close Ads x