Kompas TV regional berita daerah

Penyakit TBC di Tegal Terus Meningkat

Kompas.tv - 29 Desember 2022, 15:09 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Penandatanganan bersama diprakarsai oleh Mentari Sehat Indonesia, Dinas Kesehatan, dan DPRD Kabupaten Tegal. Menurut koordinator mentari sehat, Abdul Ghofar Ismail, pernyataan bersama untuk komitmen dalam penanggulangan TBC di Kabupaten Tegal sangat diperlukan.

 

Berdasarkan data kasus penyakit Tuberkulosis, TBC, dari Dinas Kesehatan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, mengalami tren peningkatan. Bahkan, penularan TBC pada anak-anak mencapai 669 kasus dan secara keseluruhan mencapai 3.858 kasus.

 

Data rincian kasus TBC pada tahun 2022 temuan kasus TBC dari sebanyak 3.858, tidak hanya orang dewasa, yakni kasus TBC pada anak mencapai 669, kasus TB yang disertai HIV sebanyak 49 orang dan meninggal karena TBC 123 orang.

 

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal, Achmad Jafar mengungkapkan, untuk tahun anggaran 2023, Pemkab menganggarkan sebesar 3,6 miliar untuk penanggulangan TBC.

 

Masyarakat diimbau untuk mewaspadai penyakit TB karena penularanya sangat mudah. Apabila mengalami batuk berturut turut hingga dua minggu agar segera memeriksakan diri ke dokter. Pengobatan TB gratis dan harus rutin hingga ketentuan waktu sembuh total.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x