Kompas TV regional berita daerah

Khanduri Laut Adat Nelayan Sabang Jelang Ramadhan

Kompas.tv - 20 Maret 2023, 20:36 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

SABANG, KOMPAS.TV - Event Sabang Marine Festival yang di gelar di Kota Sabang dari tanggal 17-19 Maret 2023 di akhir dengan khanduri laut di pantai Pasiran, Minggu, 19 Maret 2023.

Khanduri laut ini merupakan adat masyarakat setempat dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Khanduri atau pesta ini sebagai bentuk rasa syukur para nelayan atas limpahan rezeki yang mereka dapat dari laut.

Biasanya masyarakat kota Sabang, rutin menggelar acara ini sebelum ramadhan tiba. Apalagi adanya pantangan turun ke laut mencari ikan selama tiga hari di awal Ramadhan.

Perayaan khanduri laut kali ini sekaligus dengan penutupan sabang Marine Festival yang dilaksanakan menjelang Ramadhan, menjadi daya tarik tersendiri bagi para masyarakat dan wisatawan yang berkunjung  ke kota Sabang. Selain banyaknya atraksi dan pawai budaya, sejumlah produk UMKM juga dipamerkan pada kegiatan ini.

Selain acara makan dengan masyarakat dan para nelayan, aktifitas tarek pukat dengan diiringi tarian juga digelar dalam acara adat ini. Selain itu, ada santunan anak yatim menjadi rangkai dari kegiatan yang dilaksanakan  oleh pemerintah kota Sabang di lokasi kegiatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x