Kompas TV regional jawa tengah dan diy

BPBD DIY Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan Selama Periode Siaga Darurat Bencana hingga 29 Februari

Kompas.tv - 17 Januari 2024, 03:05 WIB
bpbd-diy-minta-warga-tingkatkan-kewaspadaan-selama-periode-siaga-darurat-bencana-hingga-29-februari
Tugu Yogyakarta (Sumber: Antaranews)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meminta masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan selama status siaga darurat bencana hidrometeorologi yang telah ditetapkan sejak 20 Desember 2023 lalu hingga 29 Februari 2024.

"Status siaga darurat ini bukan hanya untuk petugas saja tetapi masyarakat juga harus siaga melakukan pencegahan," kata Kepala Pelaksana BPBD DIY Noviar Rahmad di Yogyakarta, Selasa (16/1/2024).

"Saat ini kan statusnya masih siaga belum tanggap darurat," kata dia.

Ia menjelaskan masyarakat harus ikut mencegah, salah satunya dengan memangkas ranting pohon yang berpontensi roboh di lingkungan masing-masing.

Selama status siaga darurat tersebut, menurut Noviar, sejumlah dampak bencana yang perlu diantisipasi adalah tanah longsor dan pohon tumbang.

"Yang sekiranya berpotensi roboh saat ada angin kencang supaya segera dipotong," kata dia.

"Dua bencana itu yang paling diantisipasi. Kalau bencana banjir sepertinya petanya tidak di seluruh wilayah, tetapi kalau tanah longsor dan pohon tumbang bisa jadi di seluruh wilayah," lanjut dia.

Menurut Noviar, tidak ada pendirian posko khusus selama status siaga darurat bencana tersebut kecuali mengoptimalkan peran Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) di masing-masing BPBD lima kabupaten/kota.

Pusdalops BPBD kabupaten/kota secara intensif memantau informasi cuaca di DIY yang di-update BMKG setiap dua jam sekali setiap hari.

"Tidak ada posko karena sudah ada Pusdalpos di BPBD kabupaten/kota yang secara otomatis berfungsi sebagai posko," ujar dia.

Baca Juga: Puncak Musim Hujan Diperkirakan Berlangsung hingga Februari, BMKG Imbau Warga Tetap Waspada

Selain meningkatkan peran Pusdalpos, BPBD DIY juga menyiagakan seluruh relawan yang tersebar di 332 kelurahan atau desa tangguh bencana di lima kabupaten/kota di DIY.



Sumber : Kompas TV, Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x