Kompas TV video sinau

Simbol Natal Ternyata Memiliki Arti yang Unik

Kompas.tv - 25 Desember 2021, 18:36 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Selain pohon natal ada pula simbol lain yang lekat dengan hari raya Natal, seperti Sinterklas, lonceng, hingga karangan bunga, simbol ini bukan hanya hiasan saja , tetapi bagi umat Kristiani simbol-simbol berikut ini  punya makna tersendiri, melansir berbagai sumber berikut maknanya:

Sinterklas

Sinterklas merupakan arti dari kebaikan Tuhan dan rezeki, mengutip CNNIndonesia.com kisah Sinterklas berawal dari St. Nicholas yang merupakan seorang Uskup Myra.

Ia kerap memberikan hadiah dan uang tanpa mengungkap identitas siapa dirinya yang sebenarnya. Sewaktu memberikan hadiah, St Nicholas memakai pakaian musim dingin berwarna merah dan memiliki bulu.

Pohon Natal

Pohon cemara sering  sekali dijadikan pohon natal, karena tetap subur meski musim dingin yang bersalju. Daunnya juga tetap berwarna hijau, maka dari itu pohon natal diartikan sebagai kehidupan dan harapan.

Karangan Bunga yang Melingkar

Biasanya terpasang pada pintu masuk, dinding dan tangga. Biasanya terbuat dari  tumbuhan mistletoe, tanaman Holly,dan berry, sebagai  lambang cinta Tuhan tak pernah berakhir, karena sebuah lingkaran menggambarkan kekekalan, begitu juga kehidupan manusia.

Lilin

Lilin sebagai perwakilan dari terangnya dunia dan Sang Juru Selamat yang menunjukan jalan lurus kepada manusia. 

Bintang

Berasal dari kisah kelahiran Kristus di Betlehem , sebuah bintang muncul di langit saat Juru Selamat lahir. Bintang ini begitu cerah sehingga menuntun tiga Raja dari timur untuk mengunjungi tempat kelahiran Kristus dan memberikan persembahan berupa emas, kemenyan dan mur. Tiga Raja ini memberikan teladan umat manusia untuk senantiasa taat dan rendah hati.

Lonceng

Lonceng sebagai gambaran keceriaan dan sukacita, selain itu juga sebagai tanda dimulainya perjamuan Ekaristi. 

Baca Juga: Pohon Natal Dari Drum Bekas

https://www.kompas.tv/article/244903/pohon-natal-dari-drum-bekas 

Grafis: Arief Rahman




Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x