Kompas TV video vod

Upayakan Percepatan Penurunan Angka Stunting, Wapres Ma'ruf: Target Turun Jadi 14% di Tahun 2024

Kompas.tv - 7 Desember 2022, 12:51 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN bekerja sama dengan Tanoto Foundation, menggelar Forum Nasional Stunting 2022.

Forum ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen Kepala Daerah dalam kebijakan anggaran untuk percepatan penurunan stunting, serta meningkatkan koordinasi antar organisasi perangkat daerah dan pemangku kepentingan.

Wapres Ma’ruf Amin menyatakan prevalensi stunting berhasil diturunkan dari 30,8% pada 2018 menjadi 24,4% pada 2021.

Meskipun tren penurunan stunting dalam 3 tahun terakhir sudah positif tetap diperlukan penanganan beragam persoalan dalam penanggulangan stunting agar target prevalensi stunting menjadi 14% pada 2024 dapat tercapai.

Baca Juga: Bupati Eddy Berutu Terapkan 4 K dan Pencanangan KPT untuk Pengendalian Inflasi Pangan

Refleksi implementasi satu tahun rencana aksi nasional percepatan penurunan angka stunting Indonesia atau RAN pasti dilaksanakan melalui pendekatan keluarga.

Fokus RAN pasti dibagi menjadi tiga, yaitu efektivitas intervensi gizi, pendekatan multisektor dan multi pihak, serta penetapan sasaran keluarga berisiko stunting.

Forum Nasional Stunting 2022 diharapkan dapat memperkuat konvergensi pemerintah pusat dan daerah dalam percepatan penurunan stunting di Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x