Kompas TV video vod

Pengacara Richard Eliezer: Sudah Terbukti, Keterangan Tidak Berdiri Sendiri!

Kompas.tv - 6 Januari 2023, 00:27 WIB
Penulis : Edwin Zhan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sidang pembunuhan berencana dengan terdakwa Richard Eliezer akan memasuki agenda pembacaan tuntutan Jaksa, bagaimana kesiapan Penasihat Hukum menghadapi tuntutan.

Lalu, apa saja keistimewaan secara hukum Richard Eliezer dengan status “justice collaborator”.

Kompas TV bahas bersama Penasihat Hukum Richard Eliezer, Ronny Talapessy. Serta, bergabung juga Pakar Hukum Pidana, Jamin Ginting.

Hakim kembali menanyakan soal keterangan Eliezer yang membawa senjata jenis Steyr ke lantai tiga rumah pribadi Ferdy Sambo di Jalan Saguling, pada 8 Juli 2022.

Eliezer menegaskan, dirinya meletakkan senpi Steyr di lemari dalam kamar didampingi terdakwa Putri Candrawathi, sesaat sebelum dirinya menerima perintah menembak Yosua.

Jaksa bertanya pada terdakwa Eliezer, siapa yang menyuruh dirinya membawa senjata jenis Steyr ke lantai tiga rumah Saguling.

Dalam keterangannya, Eliezer menyebut terdakwa Putri Candrawathi yang memerintahkannya membawa dan menyimpan senjata Steyr di lemari dalam kamar.

Ketika terdakwa Richard Eliezer diperiksa, Jaksa Penuntut Umum (JPU) memintanya  menjelaskan detil, seperti apa cara Ferdy Sambo menjelaskan padanya soal skenario pembunuhan Brigadir Yosua.

Eliezer mengaku, saat itu di dalam hati ia tak setuju meski akhirnya menuruti perintah Sambo untuk menambah amunisi di senjatanya.

Terdakwa, Richard Eliezer mengakui bahwa ia menembak Yosua sebanyak tiga hingga empat kali, setelah Sambo berteriak menyuruhnya menembak.

Namun, usai Yosua jatuh terkapar ditembak Eliezer, Sambo langsung maju dengan senjata api dan ikut menembak ke arah Yosua.

Eliezer juga menyebut karena jarak penembakan sangat dekat, Kuat dan Ricky yang ada di TKP seharusnya melihat Sambo menembak.

Majelis Hakim dalam sidang pembunuhan Yosua, menanyakan detail situasi penembakan saat memeriksa Richard Eliezer sebagai tersangka.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x