Kompas TV video vod

Estafet Kirab Pemilu 2024 Diwarnai Iringan Pasukan Paskibraka dan Tarian Daerah

Kompas.tv - 26 Oktober 2023, 19:46 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pendidikan pemilu menjelang pemilihan umum merupakan sebuah upaya untuk mengajak masyarakat ikut berperan menggunakan hak pilih pada 14 Februari mendatang.

Salah satu upaya yang dihadirkan KPU tahun ini adalah adanya kirab pemilu yang digagas oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari dan 6 anggota KPU yaitu August Mellasz, Betty Epsilon Indroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno.

Pada kirab sendiri prosesi dan dan kesenian setempat turut dihadirkan untuk menarik perhatian masyarakat sekaligus pengenalan kebudayaan.

Pada jalur ke 4, Kabupaten Gunungkidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tim kirab menghadirkan pasukan kerajaan serta tarian bungah sumirah pada prosesi serah terima bendera.

Tidak kalah menarik, tarian embleg dem dengan properti kuda tiruan turut memeriahkan kirab hari pertama Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah.

Masih pada jalur ke 4, KPU Kabupaten Majalengka menerima estafet kirab pemilu 2024 dari KPU Kota Cirebon, diwarnai dengan iringan pasukan paskibra dan tarian daerah.

Pada jalur ke lima, titik dimulai dari Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara dengan menghadirkan tari tide kabilano sebagai tarian penyambutan.

Di setiap daerah, pendidikan mengenai pemilu dilaksanakan dengan menemui kelompok masyarakat secara langsung seperti petani, pedagang, anak sekolah hingga komunitas pesantren yang ditujukan untuk pemilih pemula sehingga diharapkan siap menghadapi pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga: Hasil Pemeriksaan Kesehatan 3 Pasangan Capres-Cawapres Dilaporkan ke KPU Besok

#kpu #kirabpemilu #pilpres2024




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x