Kompas TV olahraga sepak bola

Jelang Piala Dunia U17 2023, Pemkot Surabaya Pasang Penguat Sinyal di Stadion Gelora Bung Tomo

Kompas.tv - 26 Oktober 2023, 06:15 WIB
jelang-piala-dunia-u17-2023-pemkot-surabaya-pasang-penguat-sinyal-di-stadion-gelora-bung-tomo
Penguat sinyal dipasang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya menjelang Piala Dunia (PD) U-17 tahun 2023. (Sumber: ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

SURABAYA, KOMPAS.TV - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bekerja sama dengan para provider atau penyedia layanan seluler untuk memasang penguat sinyal di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) menjelang penyelenggaraan Piala Dunia 17 2023 di Indonesia.

Penguat sinyal tersebut akan dipasang dan diletakkan di sejumlah sudut area di Stadion GBT.

"Kami sudah bekerja sama dengan provider. Mereka akan memasang penguat sinyal dan juga memasang BTS Mobile atau mobile combat yang akan diletakkan di lapangan ABC dan di sisi selatan serta utara Stadion GBT," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, dikutip dari Antara, Rabu (25/10/2023).

Menurutnya, dalam pemasangan penguat sinyal ini, para penyedia layanan telah melakukan perhitungan sesuai dengan jumlah penonton yang hadir, sehingga penguat sinyal ini dapat dijamin aman dan mampu mencukupi kapasitasnya.

Dengan pemasangan penguat sinyal, Eri berharap bahwa masalah sinyal lemah atau blank spot sinyal di Stadion GBT akan teratasi. Blank spot adalah kondisi di mana suatu lokasi tidak menerima atau tidak memiliki cakupan sinyal komunikasi.


Di sisi lain, Tri Aji Nugroho, Kepala Bidang Keamanan dan Infrastruktur Teknologi Informasi Diskominfo Surabaya, mengonfirmasi bahwa sejumlah perangkat dari penyedia layanan telah dipasang di Stadion GBT, termasuk mobile combat dan penguat sinyal.

Ia memastikan bahwa mobile combat ditempatkan di luar stadion, sementara antena penguat sinyal dipasang di dalam stadion.

Baca Juga: Piala Dunia U17 2023: 5 Negara Ini Sudah Umumkan Skuadnya

"Alhamdulillah, sampai hari ini sudah hampir semua provider yang memasang perangkatnya di Stadion GBT," ungkap Aji.

Aji juga menuturkan, sejumlah perangkat yang sudah terpasang itu sudah pernah diuji coba pada saat pertandingan terakhir Persebaya melawan Persib Bandung yang digelar 7 Oktober 2023 lalu.

"Alhamdulillah semua perangkat itu berfungsi dengan baik dan sangat membantu dalam penguatan sinyal," ujarnya.

Tidak hanya itu, Aji juga memastikan bahwa Pemerintah Kota Surabaya akan menginstalasi jaringan Wi-Fi di berbagai lokasi yang diminta oleh FIFA. Namun, jumlah titik Wi-Fi ini masih dalam tahap koordinasi dengan Telkom, yang ditunjuk sebagai vendor oleh LOC PSSI.

Aji berharap, dengan tambahan perangkat dari penyedia layanan dan jaringan Wi-Fi ini, semua pertandingan yang diadakan di GBT akan berjalan lancar, dan masalah blank spot tidak lagi menjadi perhatian saat memasuki GBT.

"Yang pasti, sampai saat ini terus on progress di GBT," ucapnya.

"Insyaallah ke depan akan lancar," pungkasnya.

Baca Juga: Erick Thohir ke Timnas U17 Indonesia: Jangan Terbebani Bermain di Kandang Sendiri

 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x